Perjalanan ke Desa Telang Siong

AAA - Selamat bertemu di blog sangkay city. sudah lama saya tidak menulis untuk label kategori perjalanan, sebenarnya saya sangat sering jalan jalan hanya ide untuk membuat artikel tentang perjalanan sepertinya sangat susah. Tapi saya akan coba menulis sedit tentang perjalanan di artikel ini.

Pada waktu lalu, tepatnya saat liburan paskah 2016. kami admin sangkay city blog's melakukan perjalanan ke desa Telang dan desa Siong di kec. Paju Epat, kab. Barito Timur. Tujuan utama kami sebenarnya pergi ke kompek objek wisata lewu hante di telang, tapi pastinya dalam perjalanan selalu ada hal menarik di perjalanan yang membuat kami singgah. Tentunya tempat tersebut sangat bagus untuk beristirahat sambil menulis sedikit catatan kecil untuk artikel ini, serta mengambil beberapa foto dan video untuk di dokumentasikan.

Kami pernah beberapa kali pergi ke Telang Siong, yang kebetulan tempatnya tidak begitu jauh untuk di kunjungi hanya berjarak 17 km dari tamiang layang ibukota kabupaten barito timur. Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Simpang Tiga Bundaran Paju Epat

Tempat pertama yang kami singgahi adalah di bundaran paju epat, bundaran yang tidak teralalu besar ini menjadi bertemunya masyarakat dari tiga desa yaitu desa maipe, murutuwu dan telang siong. Bundaran yang memiliki tugu ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai, karena di sini memiliki bangku-bangku untuk duduk dan bunga-bunga sebagai pesona keindahan.

Sungai Telang

Tempat menarik kedua yang kami singgahi adalah sebuah sungai yang berada di desa telang, tidak jauh dari komplek wisata lewu hante ada sebuah sungai yang cukup besar. Sunagi ini bisa dilalui oleh kalotok dan jukung, serta merupakan tempat pemandian umum masyarakat desa Telang Siong.

Air di sungai tersebut berwarna merah kecoklatan, dikarenakan pasir dan akar-akar tumbuhan yang ada di pinggir sungai. Jika saat air normal kedalaman air mencapai 1,5 meter. Di sungai tersebut telah bangun tenpat untuk mandi dan mencuci, serta wc untuk berganti pakaian.

Sungai Telang juga menjadi sarana transportasi dengan menggunakan jukung dan kalotok.

Kawasan objek wisata

Melanjutkan perjalanan. Dan inilah tujuan akhir dari trip yang kami lakukan, berjarak sekitar 150 meter dari sungai tersebut. Merupakan tempat objek wisata. Di objek wisata tersebut terdapat 3 tempat yang menarik, yaitu :
- Lewu Hante. seperti foto di atas, terlihat sebuah rumah besar, itulah yang di sebut dengan Lewu Hante atau yang sering di kenal dengan nama Rumah Betang.
- Taman. Bangku-bangku taman untuk bersantai, merasakan sensasi menginjak batu-batu, dan keliling-keliling komplek.
- Makam Suta Onu. Tempat terakhir yang kami kunjungi, Tempat yang sedikit misterius dan menakutkan.

Itulah tadi sedikit rangkuman perjalanan kami ke desa Telang, Kec. Paju Epat. Barito Timur. Di perjalanan pulang kami memutar lewat jalan di desa Siong dan kembali ke segi tiga bundaran paju epat. Selesai.

Perjalanan tersebut kami apresiasikan untuk masyarakat desa Telang dan Siong, smoga desa tersebut masyarakatnya maju, tentaram dan damai, serta menjadi desa adat yang lebih baik lagi. Tq.

2 Responses to "Perjalanan ke Desa Telang Siong"

Bagaimana Pendapat Anda?