Dayak Maanyan [Banua Lima, Paju Sapuluh, Paju Epat]

AAASuku Dayak Maanyan adalah salah satu dari bagian sub suku Dayak dan juga merupakan salah satu dari suku-suku Dusun (Kelompok Barito bagian Timur) sehingga disebut juga Dusun Maanyan.
Suku Dayak Maanyan mendiami bagian timur provinsi Kalimantan Tengah, terutama di Kabupaten Barito Timur dan sebagian Kabupaten Barito Selatan yang disebut Maanyan I. Suku Dayak Maanyan juga mendiami bagian utara provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tabalong yang disebut Dayak Warukin. Dayak Balangan (Dusun Balangan) yang terdapat di Kabupaten Balangan dan Dayak Samihim yang terdapat di Kabupaten Kotabaru juga digolongkan ke dalam suku Dayak Maanyan. Suku Maanyan di Kalimantan Selatan dikelompokkan sebagai Maanyan II.

Menurut orang Maanyan, sebelum menempati kawasan tempat tinggalnya yang sekarang, mereka berasal dari hilir (Kalimantan Selatan). Walaupun sekarang wilayah Barito Timur tidak termasuk dalam wilayah Kalimantan Selatan, tetapi wilayah ini dahulu termasuk dalam wilayah terakhir Kesultanan Banjar sebelum digabung ke dalam Hindia Belanda tahun 1860, yaitu wilayah Kesultanan Banjar yang telah menyusut dan tidak memiliki akses ke laut, sebab dikelilingi daerah-daerah Hindia Belanda.

Dayak Maanyan Banua Lima (Paju Dime)

Orang Dayak Maanyan Banua Lima (Paju Dime) adalah masyarakat adat sub-etnis Dayak Maanyan yang mendiami lima kampung induk dengan peraturan adat leluhur yang sama di Kecamatan Patangkep Tutui, Benua Lima, Kalimantan Tengah.
Wilayah Benua Lima meliputi :
1.    Jangkung
2.    Hadiwalang
3.    Uwei
4.    Pulau Padang
5.    Kayunringan

Dayak Maanyan Paju Sapuluh

Orang Dayak Maanyan Kadamangan Paju Sapuluh adalah masyarakat adat sub-etnis Dayak Maanyan yang mendiami sepuluh kampung pada kec. Dusun Timur dan Awang dengan adat leluhur yang sama yaitu:
1.    Sangarasi (Jaar)
2.    Matabu
3.    Magantis
4.    Tamiang Layang
5.    Sarapat
6.    Patai
7.    Harara
8.    Haringen
9.    Tangkan
10.    Hayaping.
Menurut versi lainnya wilayah Paju Sepuluh meliputi :
1.    Murungkliwen
2.    Pimpingen
3.    Munsit
4.    Harara
5.    Patai
6.    Lasi Muda
7.    Sarabon
8.    Pagar
9.    Tangkan
10.    Bangi Sampa Tulen

Dayak Maanyan Paju Epat
Orang Dayak Maanyan Paju Epat (?pat) adalah masyarakat adat sub-etnis Dayak Maanyan yang mendiami empat (epat) kampung induk di kecamatan Paju Epat dengan adat leluhur yang sama yaitu
1.    Balawa
2.    Siong
3.    Telang
4.    Murutuwu

0 Response to "Dayak Maanyan [Banua Lima, Paju Sapuluh, Paju Epat]"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?