PASUHA, Objek Wisata Baru di Barito Timur

AAA – Pulau Patai dengan potensi - potensi wisata nya yang mengagumkan, salah satunya adalah wisata yang baru - baru ini viral di kalangan masyarakat Kabupaten Barito Timur, yaitu Objek Wisata PASUHA.

Objek Wisata yang baru terkenal pada awal tahun 2020 ini terletak di Desa Pulau Patai, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

PASUHA atau singkatan dari ‘Pulau Patai Suku Hawa’ adalah nama objek wisata tersebut. Suku Hawa merupakan sebutan untuk kawasan daerah Pulau Patai dan sekitarnya, termasuk Desa Harara dan Desa Sarapat.

Dalam perjalan terbaru crew Perjalanan di Tanah Dayak ke Desa Pulau Patai ini, kami melihat kawan kawasan yang di jadikan objek wisata adalah rawa dan hutan belantara yang tergenang air, dari aliran - aliran air tersebut di buatkan jembatan yang cukup panjang, hampir 1km. Selain itu ada juga tempat permandian dan arena susur sungai yang di sebut BAJUKUNG.

Untuk wisata BAJUKUNG ini menjadi tujuan favorit wisatawan, di karenakan sensasi naik jukung dan mendayung sangat menantang, salah - salah bisa kayem. Atau bila terlalu sore naik jukung bisa iyengen.. hahahaaa..

santay kaya di patai 
Objek wisata Pasaha ini untuk sekarang masih gratis atau tidak di pungut biaya. Untuk parkir sudah di sediakan tempat yang nyaman dan aman dengan tarif rp. 5.000 per kendaraan roda 2, untuk penyewaan Jukung atau perahu di kawasan Pasuha dikenakan tarif rp. 20.000 per Jukung.
Selain Wisata Pasuha, di Pulau Patai juga ada wisata susur sungai dengan Kelotok ke wisata Pasir Putih dan wisata Tambak.

Baca Juga :
Sungai Patai, Tempat Memancing Terbaik di Barito Timur

Semoga dengan adanya kawasan wisata ini dapat memajukan ekonomi masyarakat desa Pulau Patai dan sekitarnya, serta menambah pendapat asli daerah Barito Timur, harapan kami juga untuk Pasuha agar terus dikelola dengan baik dan berkelanjutan dengan filosophy menjaga alam Borneo.



Baca Juga : Kerbau (Karewaw) di Pulau Patai


Yang terakhir mungkin masih banyak potensi wisata yang ada di pualu patai ini yang belum di kembangkan, jadi tunggu saja. Tabe!

sangkaicity.blogspot.com

1 Response to "PASUHA, Objek Wisata Baru di Barito Timur"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete

Bagaimana Pendapat Anda?