Batu Keramat di Pertapaan Tjilik Riwut Bukit Batu

AAA – Tjilik Riwut adalah salah satu pendiri prov. Kalimantan Tengah. Lahir di Kasongan, 2 Februari 1918. Wafat di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 17 Agustus 1987. ( umur 69 tahun ). 


Sedangkan dalam artikel ini admin akan membahas tentang beberapa batu-batu keramat yang ada di objek wisat bukit batu Tjilik Riwut. Jika anda sudah mengetahui tentang objek wisata ini, maka yang erlu anda ketahui selanjutnya adalah batu-batu sakral yang ada di kawasan Pertapaan.
Berikut daftar batu di Pertapaan Tjilik Riwut Bukit Batu :
 

1.    Batu Banama, memasuki areal bukit batu ini kita akan disambut oleh sebuah batu yang bernama BATU BANAMA – Banama dalam bahasa Sangiang artinya perahu besar. Batu ini adalah pintu gerbang untuk masuk ke lingkungan Bukit Batu. Kalau dilihat dari depan bentuknya mirip dengan peta Propinsi Kalimantan Tengah, dan batu ini juga menunjukan jumlah anak sungai yang ada di Kalimantan.

2.    Batu Keramat, yang memiliki hubungan dengan riwayat Tjilik Riwut

3.    Batu Sial, konon ini adalah tempat orang membuang sial, barang siapa yang mempunyai kesialan hidup maka dia dapat membuangnya dengan cara berniat menaiki batu ini. Sesampainya diatus batu dia “MELAHAP” – atau pekikan khas Dayak sebanyak tiga kali.

4.    Batu Dewa, Apabila berniat baik memohon sesuatu dan bisa menaiki batu ini niscaya akan terwujuds

5.    Batu Penyang, Batu ini berfungsi sebagai tempat meminta pegangan kekuatan mental spiritual dan keberanian dalam menghadapi musuh atau masalah disepanjang kita meyakini dengan niat baik.

6.    Batu Raja, apabila seseorang berjodoh dari batu ini akan muncul berupa batu kerikil. Jika seseorang pemimpin mendapatkan batu ini maka ia akan bersifat adil dan bijaksana.

7.    Batu Gaib, Batu ini didiami oleh Roh Gaib yang dapat menolong menusia dalam bentu wangsit dan memberikan barang pusaka. Apabila pantangan dalam pemberian pusaka itu dilanggar maka barang pusaka akan hilang atau gain

8.    Batu Tingkes,atau Nenung Pambelum – Kono jika bisa masuk dan keluar dari batu ini maka kehidupan akan senang dan bahagia serta terkabul keinginannya.

Demikian artikel tentang batu batu yang ada di Kab. Katingan, prov. Kalimantan Tengah, tepatnya di objek wisat bukit batu.

Sumber : Wiki Indo dan Folksofdayak.wordpress.com

0 Response to "Batu Keramat di Pertapaan Tjilik Riwut Bukit Batu"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?