Museum Lewu Hante Pasar Panas

AAA – Lewu Hante dalam bahasa Dayak Maanyan yang berarti Rumah betang. Karena letak dari rumah betang ini ada di wilayah kabupaten Barito Timur yang mayoritas masyarakat menggunakan bahasa Maanyan, maka saya menyebut nya “Lewu Hante"

Lewu Hante/Rumah Betang Pasar Panas
Lewu Hante adalah rumah adat suku dayak yang ada di kalimantan, Panjangnya bisa mencapai 30-150 meter serta lebarnya dapat mencapai sekitar 10-30 meter, memiliki tiang yang tingginya sekitar 3-5 meter. Biasanya Betang dihuni oleh beberapa keluarga. Pembuatan rumah Betang haruslah memenuhi beberapa persyaratan berikut diantaranya pada hulunya haruslah searah dengan matahari terbit dan sebelah hilirnya ke arah matahari terbenam. Hal ini dianggap sebagai simbol dari kerja keras untuk bertahan hidup mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Semua suku Dayak, terkecuali suku Dayak Punan yang hidup mengembara.

Lewu Hante yang dibangun tinggi dari permukaan tanah dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang meresahkan para penghuni betang, seperti menghindari musuh yang dapat datang tiba-tiba, binatang buas, ataupun banjir yang terkadang datang melanda. Lewu Hante di bangun menggunakan bahan kayu yang berkualitas tinggi, yaitu kayu ulin, selain m
emiliki kekuatan yang bisa berdiri sampai dengan ratusan tahun, kayu ini juga anti rayap

Tugu Perbatasan di Taniran
Tugu Perbatasaan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Di depan museum Lewu Hante Pasar Panas Kabupaten Barito Timur di bangun sebuah tugu Perbatasan dengan patung Burung Manengang atau burung Enggang di puncaknya, burung yang semakin langka ini merupakan ciri khas Pulau Kalimantan, hampir setiap provinsi menggunakannya sebagai icon.

Tugu perbatasan ini juga menandakan anda ada di Provinsi Kalimantan Tengah, karena tugu ini adalah tugu perbatasan Kateng – Kalsel Pasar Panas.

Lanjut tentang Lewu hante pasar panas. Banyak kegiatan kegiatan seperti festival pentas seni, Festival JAJAKA Bartim dan musik sering diselenggarakan di lewu hante pasar panas serta tempat berwisata budaya bartim, karena lewu hante ini memiliki panggung seni dan halaman yg luas sebagai tembat berkumpulnya masyarakat. 


Museum Lewu Hante Pasar Panas adalah salah satu tempat populer yang ada di kabupaten barito timur setelah Kota Manuwu Tamiang Layang dan Kota Ampah. 

Sebagai info !
Jika anda ingin ke berwisata ke lewu hante pasar panas dari kota Tamiang Layang anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit lewat jalur darat ke arah Kalimantan selatan 


Sekian dari tulisan saya ... 
Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke blog saya. Semoga tidak bosan dengan tulisan saya, Sampai bertemu kembali. GBU.

0 Response to "Museum Lewu Hante Pasar Panas"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?