Panorama Alam di Pegunungan Bahalang, Barito Timur

AAA – Perjalanan di Tanah Dayak. Tabe, Salam untuk kita semua. Dalam post kali ini kami akan mempromosikan sebuah objek wisata alam terbuka yang terletak di desa Bahalang, Kab. Barito Timur.

Objek wisata yang saya maksud yaitu panorama keindahan alam yang berada di pegunungan-pegunungan di bahalang. Banyak nya gunung-gunung yang ada di Bahalang menjadi sebuah keragaman dimana banyak tempat yang dapat anda pilih untuk bersantai dan menikmatinya.

Desa bahalang adalah sebuah desa yang bernama resmi sebagai desa Ampari Bura, tapi lebih dikenal dengan mana bahalang (Terhalang), mungkin nama bahalang di pakai karena kampung tersebut terletak di belakang dari pegunungan bahalang. Sedangkan desa Ampari Bura sendiri termasuk dalam kawasan kec. Patangkep Tutui.

Bagi anda yang menyukai sebuah perjalanan wisata atau dengan istilah Backpaker, pegunungan bahalang merupakan tempat yang cocok untuk di kunjungi. Dimana di pengunungan ini anda akan dipuaskan oleh berbagai panorama dari keindahan alam yang dapat terlihat dari atas gunung, keindahan alam tersebut berupa pepohonan dan hamparan padang safana yang luas, serta kesejukan udara yang masih asri asli kalimantan.

Pegunungan bahalang terletak antara dua desa atau penghubung antara desa Lalap dan desa Ampari bura. Untuk jalur akses ke sini anda dapat melewati berbagai jalur yaitu melewati jalan perusahaan batu bara, jalan kec. Patangkep Tutui (Bentot), dan jl. Kec. Awang (Tangkan), serta dari kab. Tabalong melewati kec. Bintang Ara (Panaan).

Waktu tempuh terdekat dari kota Tamiang Layang menuju tempat wisata tersebut berkisar antara 60 – 100 menit, dengan rute tecepat melalui jalur perusahaan batu bara.

Pada tahun 2016, Dalam project Sangkay City Blog bekerja sama sengan Jaar Sangarasi Production. Kami membuat sebuah film dokumenter tentang kepariwisataan khusus di daerah kab. Bartim, untuk melihat film yang telah kami buat klik (disini)

Di desa bahalang sendiri memiliki berbagai tempat wisata yaitu Air Terjun, Liang Goa, dan Riam, di artikel berikut nya kami akan membahas tentang wisata-wisata tersebut.

Baca juga : Ampari Bura dan Stay Gunung Jodoh

Terima kasih telah membaca artikel ini dan teman teman dari desa bahalang yang telah membantu kami dalam Explorasi kawasan objek wisata.

4 Responses to "Panorama Alam di Pegunungan Bahalang, Barito Timur"

Bagaimana Pendapat Anda?