Obyek Wisata Gua Liang Kantin, Muara Uya

AAA – Explore Tabalong. Adalah provinsi terkecil di pulau Kalimantan dengan mayoritas penduduk suku Banjar atau orang Banjar, tapi di daerah kab. Tabalong sering di sebut orang Hulu Sungai.

Terletak di kampung gendawang, desa Salikung, kec. Muara Uya. Tabalong, Kalsel terdapat objek wisata menarik yang bernama Gua Liang Kantin. Berlokasi di kaki Gunung Batu Kumpai.
Menarik nya di dalam gua ini anda dapat melihat Stalaktit dan Stalakmit yang sangat mengagumkan dan indah.

Setelah anda memasuki pinu gerbang selamat datang di objek wisata goa liang kantin, anda akan di suguhkan dengan dengan pemandangan dari gunung batu kumpai dan hamparan sawah yang luas.

Baca Juga :

Selain melihat panorama alam dari pegunungan dan pemandangan gua yang indah dan menarik ini. Tempat ini juga memberikan gambaran sejarah dan menyimpan legenda rakyat yang dibuktikan dengan bentuk-bentuk batuan seperti meja, kursi serta alat alat pada zaman dahulu yang membatu.

Nama Liang Kantin sendiri berasal dari Legenda Rakyat dan juga pemandangan dari bentuk batu dan ruang gua yang mirip dengan sebuah Kantin. Maka tempat ini di sebut dengan Gua liang kantin.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 52 Km dari pusat kota Tanjung, Kab. Tabalong dan masuk sekitar 2 Km dari jalan besar lintas provinsi Kaltim – Kalsel.

Di kecamatan Muara Uya juga banyak terdapat tempat-tempat wisata yang berpotensi tinggi seperti Air terjun nimban, air terjun riam mesi, dan batu bahatap atau sungai silikung, serta gua kelelawar. Semua tempat wisata tersebut terdapat di desa Silikung.

Banyak nya objek wisata tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri serta dapat menambah pendapatan daerah di bidang pariwisata. Dengan promosi wisata yang baik, tentu akan banyak mendatangkan wisatawan-wisatawan lokal maupun mancanegara. Mengingat sekarang banyak wisatawan yang suka melakukan penjelajahan di ke tempat tempat wisata dan temapat wisata tersebut tentunya ada di lah hutan atau di pinggiran sungai kalimantan.

Baca Juga :

Silahkan datang ke tempat wisata Liang Kantin ini! Semoga artikel ini bermamfaat bagi anda yang suka jalan-jalan. Terima kasih!.

1 Response to "Obyek Wisata Gua Liang Kantin, Muara Uya "

  1. menarik juga kyanya, tapi gelap yah..
    http://www.kangalip.com/

    ReplyDelete

Bagaimana Pendapat Anda?