Desa Harara, Kegiatan Memancing dan Jembatan Dua

AAA – Tabe, Andri Arai Atei daya takam tau panalu.. Kali ini admin akan menceritakan tentang kegiatan memancing ke desa Harara yang di lakukan pada saat liburan smester lalu, bersama admin Depri ManuelDwi Putra BBM (Utuh Lule), dan Pemuda yang pernah kami kunjungi dalam Perjalanan di Tanah Dayak Episode III yaitu Indri Nahas (AL).

Lokasi Memancing kali ini berada di desa Harara, Desa Harara adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Dusun Timur, kabupaten Barito Timur.

Nah, bagi anda yang juga memiliki hobi memancing, sungai Harara merupakan salah satu destinasi tempat memancing terbaik di bartim, selain Sungai Patai (baca artikel Sungai Patai, Lokasi Memancing Terbaik di Barito Timur).

Siang itu, rencana dan perlengkapan sudah tersusun rapi, kami pergi ke harara. Untuk penanggung jawab dalam kegiatan ini adalah Dwi Putra BBM yang merupakan ahli sejarah dan lingkungan di desa harara. Sampai nya di harara kami parkir motor di tempat Busu.

memancing di sungai harara
Sesampai nya di sungai harara, kami memilih jalur Hawa (hilir) ke arah karukan yang berjarak sekitar 1 KM, dalam perjalanan ke hawa, kami mengikuti jalur setapak yang sering di lalui masyarakat lokal, kami juga melewati 2 (dua) Jembatan, dimana 1 jembatan nya terlihat megah dan permanen, dan yang satunya adalah jembatan sementara yang terbuat dari batang kayu kecil yang disusun.
jemban di sungai harara
Singkat cerita, sampai lah kami pada spot pemancingan yaitu di daerah karukan, dimana lokasinya merupakan anak dari sungai Harara, karena jika memancing di anak sungai, sasaran utama memancing adalah ikat Papuyu, Kakapar, Tauman dan Behau (Tawelen atau haruan alias ikan Gabus).

Setelah mendapatkan beberapa ekor Tawelen yang lumayan besar, jika di total kiloan yang kami dapat sekitar 4 kilogram.

Melihat mentari mulai tenggelam, kamipun kembali ke tempat parkir, sempat dalam perjalanan kami merasa di ganggu eleh mahluk mahluk astral. Untung nya kami bersama seorang yang bisa mengusir roh roh tersebut, yaitu Pemuda, Wadian Dayak Maanyan.

Sempat singgah di sebuah warung milik warga desa harara, dan berbincang bintang tentang keadaan desa harara sekarang yang tidak begitu di perhatikan oleh pemerintah, Sambil menghabiskan kopi dan rokok.

Untuk rute ke tempat memancing ini (Sungai Harara) :

Jika anda dari kota Tamiang layang, pertama melewati lampu merah Tumpa Dayu, ke arah Kec. Paju Epat, sampai di Dusun Ebaraya (Desa Sarapat) ada persimpangan ke kiri dan itulah jalan ke Harara, tinggal lurus saja anda akan sampai ke sungai Harara. Paham leh kira ku!!

dwi tule dan AL
Oke terima kasih telah membaca artikel ini, maaf jika ada kesalahan dan kata-kata yang tidak sopan! Untuk pemuda harara, tetap semangat dan berkaryalah untuk memajukan daerahmu. Tabe.

#Sangkay City

0 Response to "Desa Harara, Kegiatan Memancing dan Jembatan Dua"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?