Tuak, Minuman Khas Suku Dayak

AAA – Bicara tentang tuak, sudah tidak asing lagi bagi kita orang Borneo Kalimantan, minuman yang selalu ada dalam setiap ritual adat suku dayak. Karena Tuak adalah minuman khas suku Dayak. Penasaran tentang Tuak, baca arikel ini!

Tuak adalah minuman hasil fermentasi dari nira atau beras ketan, minuman ini mengandung alcohol. Membuat tuak merupakan budaya turun temurun orang dayak, jadi tuak sangat mudah di temukan di tanah borneo.

Minuman ini menjadi simbol kebersamaan suku dayak, dimana jika anda bersama-sama meminum tuak bisa di artikan untuk mempererat persaudaraan dan keakraban. Biasa nya tuak selalu di sediakan pada upacara adat perkawinan. Juga untuk tamu dari luar Kalimantan yang masuk ke padalaman, maka akan disuguhkan minuman Tuak sebagai bukti kebersamaan.

Jika anda meminumnya terlalau banyak, maka bisa saja anda menjadi mabuk, sama hal nya saat mengonsumsi minuman beralkohol. Tetapi jika sedikit minuman ini bisa mengurangi capek, mengobati sakit mag, malaria dan lain-lain.

Rasa munuman tuak adalah manis, dan juga manis bercampur rasa pedas.

tuak
Seperti foto di atas adalah tuak yang di jual oleh Ikpm Barsel melalui akun instagramnya.

Tuak merupakan minuman beralkohol yang paling paling disukai oleh admin Sangkay City Blog, mengingat daerah admin ada di kab. Barito Timur, jadi jika mencari Tuak sangat mudah, dimana ada toko khus menjual Tuak dengan harga rp. 15.000 per Liter.

Foto dari akun ig @excoticborneo

Itulah tadi Tuak yang terkenal di Borneo Kalimantan, menarik untuk di coba! Makanya ayo ke Borneo!! Tabe!

3 Responses to "Tuak, Minuman Khas Suku Dayak"

Bagaimana Pendapat Anda?