Ranu Metak Ono (Desa Gandrung, Kec. Paku)

AAA – Objek wisata Ranu Metak Ono adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Ranu Metak Ono berada pada Dusun Ono kurang lebih 10 Km dari Desa Gandrung. Perjalanan menuju dusun ini sangat tidak layak dilewati namun akses dari jalan lain tidak ada menuju tempat ini.

Beberapa kali kami harus melewati bukit yang sangat curam kemudian terjatuh bahkan jembatan penghubung antara Siung dan Ono hancur kerana terbawa arus sungai kikis. Sangat disayangkan bahwa di dusun ini ada dua air terjun yang sangat indah namun akses menuju dusun ini sangat sulit untuk dilalui.

Perjalanan menuju dusun ini memakan waktu sekitar 1 jam, itu pun jika kita sudah mahir menggunakan kendaraan dengan kondisi jalan yang sangat sulit apalagi pada musim penghujan jalan menuju dusun ini akan lebih sulit.

Disarankan jika kita berkunjung ke dusun Ono hendaknya tidak menggunakan kendaraan jenis matic, dan bisa minta tolong warga setempat untuk menjadi joki utama, dan harus laki-laki mengindari kemungkinan tenaga yang terkuras habis dalam perjalanan.

Ini yang menjadi salah satu faktor utama penghambat pariwisata, padahal wilayah ini memiliki potensi yang sangat kaya. Tapi, harus terkurung karena kondisi jalan yang hampir tidak layah untuk dilewati Air terjun yang ada didalam foto diatas, berada di ujung dusun Ono dimana jalan yang dilewati lumayan sulit, harus melewati aliran sungai dan kayu-kayu besar yang pernah menjadi jembatan dimana perusahaan kayu juga berfungsi disini.

Jika para wisatawan ingin berkunjung ke Air Terjun Ono hendaknya berhati-hati, karena kita akan menyusuri sungai sepanjang 200 M hanya melewati jalur ini jalan termudah untuk kita lewati.

Tidak banyak orang-orang yang mengetahui tentang objek wisata ini, selain karena jauh juga karena kondisi jalan yang sangat sulit. Namun penulis meyakini jika kita berkunjung ke tempat ini, pasti kita ingin lebih berlama-lama menikmati air terjun yang begitu indah dan menakjubkan. Informasi yang juga penulis terima dari masyarakat ada satu air terjun yang lebih cantik lagi sejauh 360 Meter dari pemukiman penduduk dimana air terjun ini menjadi bukti bahwa wilayah Desa Gandrung sangat berpotensi untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hanya saja terkendala

Barito Timur Dalam Potret Pariwisata
Ranu Metak Ono
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Ranu Metak Ono (Desa Gandrung, Kec. Paku)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?