Ranu Metak Riam Lumui (Desa Apar Batu, Kec. Awang)

AAA – Objek wisata Ranu Metak Riam Lumui adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Untuk menuju objek wisata ini, kita bisa melanjutkan perjalanan awal dimana sebelumnya penulis menjelaskan jalur menuju desa Apar Batu.

Air terjun ini berada tidak jauh dari pemukiman penduduk hanya memakan waktu 20 menit dari desa Apar Batu, menuju arah perusahaan batu bara yang beroperasi disana.

Di atas air terjun ini ada sebuah bendungan yang pernah masyarakat pergunakan untuk air minum, tetapi sekarang bendungan ini tidak berfungsi lagi. Setibanya disana kita akan turun hampir 6 Meter kebawah, karena dengan cara inilah kita dapat lebih dekat untuk melihat dan merasakan suasana air terjun Riam Lumui.

Tempat ini memiliki ciri khasnya tersendiri karena batu-batu alam yang ada membentuk sebuah dinding sepanjang puluhan meter sehingga membuat objek wisata ini lebih khas dan berbeda daripada yang lain.

Bagi kita yang menyukai kegiatan petualangan, maka tempat ini sangat cocok kita pergunakan untuk kegiatan outbound atau kegiatan tracking dan sekedar berfoto-foto. Kondisi fisik secara umum, tempat ini adalah perbukitan dimana kemiringan kondisi jalan yang kita lewati menjadi bukti bahwa tempat ini sangat indah meskipun tersembunyi dalam hutan yang lebat.

Sebenarnya ada satu air terjun lagi yang ada di bawah aliran sungai ini, namun penulis belum sempat untuk kesana karena waktu yang sudah sore.

Bahkan masyarakat sekitar mengatakan, bahwa di atas air terjun Riam Lumui ini ada sebuah goa yang layak untuk kita kunjungi.

Sangat disarankan jika wisatawan ingin berkunjung kesini agar dapat membawa teman-teman maupun keluarga agar menikmati tempat ini, untuk sekedar melepas lelah dan mengurangi penat kita ketika sibuk bekerja selama satu minggu.

Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Ranu Metak Riam Lumui
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Ranu Metak Riam Lumui (Desa Apar Batu, Kec. Awang)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?