Gamang, Alat Musik Tradisional Dayak

AAA – Tabe. Selamat datang di Sangkay City Blog!

Pulau Borneo, dengan keragaman kebudayaan nya menjadikan pulau ini di pandang spesial. Salah satu yang spesial itu adalah bermacam macam alat – alat musik yang lahir di pulau ini. Salah satunya akan saya bahas disini.

Ya, kali ini saya akan memperkenalan alat musik tradisional yang dimiliki oleh salah satu suku asli yang ada di Kalimantan, suku tersebut adalah suku Dayak Maanyan.

Alat musik ini bernama GAMANG. Penulis masih belum tau apakah nama Gamang memiliki arti atau memiliki asal ulul dalam penamaanya serta sejarahnya.

Gamang merupakan alat musik yang terbuat dari Kayu, seperti yang anda lihat dalam gambar di atas. Alat musik ini memiliki kemiripan dengan alat musik lainnya seperti Kangkanung, Salung, serta Sarun.

Alat musik ini memili 5 buah nada yang berbeda (do, re, mi, sol, dan la). Sama dengan  beberapa alat musik lain nya yang saya sebutkan di atas, alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipukul

Dalam membuat gamang, anda bisa membuatnya dengan beberapa kayu pilihan yang saya rekomendasikan yaitu kayu Hampul bisa juga kayu Ulin. Selanjutnya sesuaikan nada nada nya.


baca juga : Salung, Alat musik Tradisional Dayak
baca juga Sarun, Alat musik Tradisional Dayak

Musik kesenian dayak Maanyan seperti musik Dadas, musik Bawo, musik Tangkurupan, dan Bahalai serta beberapa musik lainnya bisa anda pelajari dengan alat musik Gamang.

Di era yang sekarang hanya sedikit anak muda yang mahir dalam memainkan alat musik ini, tapi semoga dengan adanya yang membaca tulisan ini menjadi awal semangat akan kecintaan dengan alat musik Gamang yang menjadi ciri khas suku dayak di Pulau Kalimantan. Tabe!

2 Responses to "Gamang, Alat Musik Tradisional Dayak"

  1. Sepertinya saya tau orang yg membuat gamang yg ada di foto itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bro, jika anda ingin membuat alat musik ini bisa di hubungi no 0815 2215 115 an. Silui utex, tabe!

      Delete

Bagaimana Pendapat Anda?