Kariyau (Hantu Kalimantan)

AAA – Hantu merupakan mahluk mahluk yang misterius, banyak orang yang tidak percaya akan adanya mahluk ini, tapi sebagian orang lain nya mempercayainya. Dan admin sendiri merupakan salah satu dari yang percaya akan adanya mereka.

Hantu yang ada di pulau Kalimantan memiki berbagai macam dari yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Seperti yang akan di bahas dalam artikel ini yaitu Kariyau (Hantu Kalimantan)

Kariyau adalah jenis makhluk halus yang jahil, dan biasa hanya ada di dalam hutan atau kalaupun masuk kampung pada malam hari.

Kariyau biasa menyebabkan korban mengalami disorientasi atau kehilangan akal dan arah, dalam hutan biasanya membuat korban tersesat dan sama sekali tidak menemukan jalan pulang, bisa sejauh jauhnya berjalan akan kembali ke tempat semula atau memang betul betul kehilangan jalan.

Menurut penuturan tua tua kampung, Kariyau tidak “mematikan”. Setelah puas menyesatkan korbannya dia akan mengembalikan korbannya ke daerah dekat dekat dengan rumah atau pondok atau jalan yang ada penduduknya, sehingga akan korban akan ditemukan dalam keadaan bingung, kosong dan kehilangan akal sehat.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan bila merasa sudah “disesatkan” atau sejauh jauhnya berjalan tetap kembali ke tempat semula, yaitu dengan membalik baju yang dipakai, bagian depan menjadi bagian belakang, konon Kariyau yang lengket di pakaian akan menerima efek balik sehingga kariyau tersebut akan tersesat.

Baca juga : Palasit (Hantu Kalimantan)

Cara kedua yang lebih efektif adalah dengan mencari akar-akaran an atau kayu yang bisa kita belah tanpa harus terputus, masuklah lewat tengah belahan tersebut.

Konon Kariyau tidak bisa melewati kayu/ tumbuhan hidup.

Sumber : https://tumpuknatat.wordpress.com/

0 Response to "Kariyau (Hantu Kalimantan)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?