Rungan River Landscape - Program Konservasi Orangutan Borneo Nature Foundation

AAAProgram Konservasi Orangutan Rungan adalah program terbaru dari Borneo Nature Foundation. Borneo Nature Foundation adalah organisasi konservasi dan penelitian nirlaba. Bekerja untuk melindungi beberapa area terpenting dari hutan hujan tropis dan untuk melindungi satwa liar, lingkungan dan budaya asli di Borneo.

Program ini mengambil pendekatan lanskap untuk konservasi DAS Sungai Rungan, dengan tujuan untuk melindungi hutan yang kaya ini dan populasi orangutan Borneo yang besar.
Rungan River Landscape - Program Konservasi Orangutan Borneo Nature Foundation
Lanskap ini mencakup lebih dari 150.000 hektar hutan rawa gambut, rawa air tawar dan hutan hujan dataran rendah kering, termasuk rumpun besar hutan yang didominasi ulin tinggi, dan populasi besar spesies yang terancam punah diperkirakan terjadi di sini. Meskipun demikian, wilayah ini kurang diteliti, sangat terancam dan sampai saat ini adalah konservasi yang dipikirkan kembali walaupun ini mungkin adalah hutan dataran rendah relatif utuh terbesar di Kalimantan yang tidak memiliki proyek konservasi formal.

Proyek ini bertujuan untuk membangun fondasi untuk konservasi hutan dan keanekaragaman hayati di Lanskap Sungai Rungan, melalui kemitraan dengan masyarakat, industri dan pemangku kepentingan pemerintah di seluruh area yang besar dan penting.

Ini adalah pendekatan kolaboratif, multi-mitra, multi-pihak yang bertujuan untuk membangun momentum, mengidentifikasi peluang-peluang pengelolaan bersama dan mengimplementasikan tindakan-tindakan in-situ untuk menjaga tutupan hutan. 

Kegiatan-kegiatan termasuk survei tanah keanekaragaman hayati di seluruh hutan, survei udara tak berawak untuk memetakan tutupan hutan, membangun stasiun penelitian dalam kemitraan dengan Universitas Muhamadiyah Palangkaraya, mendirikan unit pengelolaan hutan masyarakat, melaksanakan program pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dan mendukung masyarakat setempat. pencarian desa untuk menciptakan hutan komunitas yang dilindungi.

Sumber : borneonaturefoundation.org

0 Response to "Rungan River Landscape - Program Konservasi Orangutan Borneo Nature Foundation"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?