Sabangau Forest - Proyek Lahan Gambut Orangutan Tropis (OuTrop) Borneo Nature Foundation

AAAProyek Lahan Gambut Orangutan Tropis (OuTrop) pada tahun 1999, bertujuan untuk memahami, melindungi dan memulihkan Hutan Sabangau.

Borneo Nature Foundation adalah organisasi konservasi dan penelitian nirlaba. Kami bekerja untuk melindungi beberapa area terpenting dari hutan hujan tropis dan untuk melindungi satwa liar, lingkungan dan budaya asli di Borneo.
Sabangau Forest - Proyek Lahan Gambut Orangutan Tropis (OuTrop) Borneo Nature Foundation
Basis proyek adalah Laboratorium Alam Hutan Rawa Gambut (NLPSF) di mana penelitian telah dilakukan sejak tahun 1993. Bekas kamp penebangan telah diubah menjadi fasilitas penelitian permanen dan perkeretaapian sekarang hanya membawa siswa dan pasokan ke hutan.

Hutan Sabangau adalah salah satu kawasan hutan tropis yang paling penting yang tersisa di Borneo. Hutan rawa gambut tropis ini adalah kawasan hutan terfragmentasi terbesar yang tersisa di dataran rendah Kalimantan dan mendukung populasi spesies langka yang terancam secara global, termasuk populasi terbesar orangutan Borneo di Borneo dataran rendah dan owa berjanggut putih. Endapan gambutnya yang luas meliputi area seluas 6.000 km2 dan mencapai kedalaman 15m, menjadikannya salah satu dari toko karbon terestrial terbesar di dunia.

Borneo Nature Foundation bekerja dalam kemitraan dengan Pusat Kerjasama Internasional dalam Pengelolaan Lahan Gambut Tropis Berkelanjutan (CIMTROP) di Universitas Palangka Raya dan kami mendukung tim patroli dan pemadam kebakaran masyarakat TSA Kalteng. 

Tim komunitas ini terdiri dari orang-orang muda yang berkomitmen dari desa setempat, yang ingin menghentikan eksploitasi warisan hutan mereka dan melindunginya untuk generasi mendatang. Tim ini berhasil menghentikan pembalakan liar pada tahun 2004 dan menghemat banyak area dari kebakaran hutan, contoh utama tentang bagaimana upaya akar rumput dapat membuat perbedaan konservasi yang sangat besar. Strategi pemadaman api mereka adalah model untuk memerangi kebakaran lahan gambut di provinsi ini, dan kami memperluas dukungan kami terhadap tim pemadam kebakaran masyarakat kepada kelompok lain yang berpikiran sama dan berdedikasi sebagai pengakuan atas peran besar yang mereka mainkan dalam melindungi hutan selama yang terburuk musim kemarau.

Kegiatan penelitian Borneo Nature Foundation di Sabangau dibagi menjadi empat bidang utama:
- Kajian mendalam tentang primata Sabangau, memahami perilaku mereka, mulai, diet, reproduksi, jejaring sosial, dan respons terhadap gangguan; dan mengumpulkan catatan kepadatan dan kelimpahan jangka panjang. Banyak orangutan orangutan, owa dan lutung merah telah terhabituasi dengan kehadiran manusia dan diikuti selama kegiatan sehari-hari mereka dengan hasil yang digunakan untuk menemukan lebih banyak tentang perilaku beberapa kerabat terdekat kita, berkontribusi pada studi evolusi primata dan mendukung perencanaan konservasi di lanskap multi guna. Penelitian kepadatan orangutan kami adalah studi berkelanjutan yang paling lama dari jenisnya dengan hasil pemetaan kecelakaan yang disebabkan penebangan dan pemulihan setelah perlindungan. Ini membantu perencanaan manajemen konservasi untuk spesies yang terancam punah ini.

- Memahami kucing liar Kalimantan yang sulit ditangkap dengan menangkap gerakan mereka, dan dari mangsa mereka, menggunakan perangkap kamera jarak jauh. Macan dahan, kucing berbutir dan kucing berkepala datar adalah binatang yang luar biasa dan rahasia, dan kami belajar banyak tentang perilaku dan ekologi mereka melalui penelitian ini.

- Studi keanekaragaman hayati dan ekologi. Kami mempelajari banyak aspek ekologi hutan rawa gambut, mulai dari burung hingga kupu-kupu, litterfall ke pola berbuah, dan menggunakannya untuk mendeskripsikan perubahan musiman dalam lingkungan, tanggapan terhadap penebangan dan pemulihan pasca-penebangan, dan untuk mengembangkan indikator perubahan ekologis dan gangguan.

- Studi tentang dampak dan efektivitas kegiatan restorasi habitat, termasuk pembendungan saluran pembalakan liar untuk memulihkan kondisi hidrologis alami; dan reboisasi area yang terbakar dan ditebang di dalam dan di luar hutan.

Sumber : website borneo nature foundation

0 Response to "Sabangau Forest - Proyek Lahan Gambut Orangutan Tropis (OuTrop) Borneo Nature Foundation"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?