Kamaaten atau Kuyang (Hantu Kalimantan)

AAAHantu merupakan mahluk mahluk yang misterius, banyak orang yang tidak percaya akan adanya mahluk ini, tp sebagian orang lain nya mempercayainya. Dan admin sendiri merupakan salah satu dari yang percaya akan adanya mereka.

Hantu yang ada di pulau Kalimantan memiki berbagai macam dari yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Seperti yang akan di bahas dalam artikel ini yaitu Kamaaten atau Kuyang (Hantu Kalimantan)

Jenis makhluk halus ini konon merupakan “endemik” Kalimantan tengah, jaman dulu pada daerah daerah daerah DAS Kapuas-Kahayan-Barito yang memang mempunyai penduduk yang punya garis keturunan “kuyang”.

Masyarakat Maanyan benua lima menyebutnya “kamaaten”. Jenis Makhluk halus ini memang khas, dia konon menggunakan orang hidup sebagai inangnya.

Kamaaten secara fisik adalah wanita baik muda sampai tua, dengan rambut panjang tergerai, dan isi tubuh yang keluar, karena tubuhnya di tinggal, kamaaten hanya terbang dengan membawa kepala dan organ tubuhnya tanpa terbungkus badan lagi.

Makluk halus ini hanya akan keluar malam hari dengan membawa sejenis lantera, ada beberapa orang sering melihat makhluk ini dengan kasat mata.

Kamaaten biasanya keluar kalau ada mencium bau darah, baik dari orang sehabis melahirkan maupun karena luka parah, makhluk ini dipercaya mengisap darah korban dengan cara tidak kelihatan.

Menangkal makhluk halus ini dilakukan dengan menaruh cermin di lantai menghadap atas pada kamar seseorang yang berpotensi didatangi kamaaten, atau air dalam baskom yang besar karena kamaaten sangat ketakutan melihat bayangannya sendiri.

Pengusiran dilakukan dengan menabur dedak kasar/walenun dekat tempat tidur, dedak kasar sangat ditakuti kamaaten karena bisa lengket pada organ tubuhnya yang berburai keluar.

Baca juga : Kariyau (Hantu Kalimantan)

Cara ini sangat efektif, tak ada kamaaten atau kuyang yang berani dekat dekat dengan dedak. Pengusiran cara lain dengan menggunakan sebuah akar yang biasa merayap di tanah yang dalam bahasa Maanyannya disebut “walayen”. Akar ini dicambuk ke udara dengan keras dan mengeluarkan bunyi berdesing.

Sumber : https://tumpuknatat.wordpress.com/

0 Response to "Kamaaten atau Kuyang (Hantu Kalimantan)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?