Daftar Objek Wisata di Kabupaten Sukamara

AAA Kabupaten Sukamara adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah dengan Ibu kota kabupaten ini terletak di Sukamara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.827 km². Semboyan kabupaten ini adalah Gawi Barinjam” yang berarti ( Bekerja Bersama-sama untuk Mencapai Tujuan Mulia ).
Kabupaten ini adalah pemekaran dari dari Kabupaten Kotawaringin Barat, pada tanggal 10 April 2003 dikeluarkan Undang-undang No. 5 Tahun 2003 tentang Pengukuhan/Pemekaran 8 Kabupaten, maka Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
Kabupaten Sukamara terletak pada 2°19' sampai dengan 3°07' lintang selatan dan 110°25' sampai dengan 111°9'25" bujur timur dengan luas wilayah 3.827 km². dari letak tersebut tentunya pasti memiliki bermacam – macam objek wisata.
Berikut daftar objek wisata yang ada di kabupaten Sukamara :
Tabel objek wisata
No
Nama Objek Wisata
Jenis Wisata
Lokasi Wisata
1
Danau Burung
Alam
Kecamatan Sukamara
2
Bukit Patung
Alam
Kecamatan Balai Riam
3
Pantai Kampung Baru
Tirta
Kecamatan Jelai
4
Pantai Kuala Jelai
Tirta
Kecamatan Jelai
5
Pantai Tanjung Nipah
Tirta
Kecamatan Jelai
6
Pantai Tanjung Selaka
Tirta
Kecamatan Jelai
7
Pantai Sungai Ramis
Tirta
Kecamatan Jelai
























Hampir sama dengan kabupaten – kabupaten tetangganya kabupaten ini memiliki komoditi pertanian unggulan daerah yaitu adalah padi, palawija dan hortikultura. Sementara untuk usaha perkebunan adalah kelapa sawit dan karet. Sedangkan hasil pertambangan terutama adalah batu kecubung, pasir kuarsa yang berkadar 98% sebagai bahan baku industri gelas dan kaca yang terdapat di Kecamatan Jelai dengan total cadangan yang diperkirakan mencapai 1.191.840.000 m³.

Untuk Sektor Kepariwisataan merupakan salah satu pendapatan daerah yang harus di kelola dengan baik, mengingat kabupaten ini sangat kaya akan tempat wisata harusnya pemerintah lebih peduli dan membuat prasarana – prasarana yang baik di kawasan pariwisata sehingga para pengunjung memiliki kepuasan sendiri saat mengunjungi objek wisata tersebut.  

Begitu banyak memiliki objek – objek wisata yang masih belum di publikasikan, sehingga kami tidak bisa memberikan daftar yang lengkap tentang objek wisata di kabupaten gunung mas ini, tapi dengan ada nya artikel ini semoga dapat memperkenalkan lebih jauh tentang keadaaan wisata di daerah tersebut. Bagi anda yang memiliki kritik dan saran bisa di muatkan di kolom komentar yang sudah di sediakan. Sekian trima kasih.

0 Response to "Daftar Objek Wisata di Kabupaten Sukamara"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?