Objek Wisata Gunung Pukang di Bahalang, Bartim

AAA – Kabupaten Barito Timur merupakan kabupaten terkecil yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. Terletak di antara 1°2’ Lintang Utara dan 2°5’ Lintang Selatan, 114° dan 115° Bujur Timur. Dengan luas wilayah 3.834 km2.
Barito Timur juga bisa di katakan sebagai segitiga emas, karena di apit oleh 3 kabupaten yang cukup terkenal yaitu, Kab. Barito Selatan, Barito Utara, dan Kab. Tabalong.
Dari data di atas membuat Bartim menjadi pusat transportasi dan titik sentral dari ketiga kabupaten tersebut.

Sepertinya tulisan ini mulai melenceng dari judul artikel,. Artikel di atas sebenarnya hanya berbagi informasi sedikit tentang bartim.

Kembali ke judul di atas yaitu Objek Wisata Gunung Pukang di Bahalang, Bartim. Di artikel ini kami Sangkay City Blog’s dalam Perjalanan di Tanah Dayak telah melakukan exlorasi tentang keadaan alam di Bartim, dan kami pun menemukan sebuah tempat menarik yang dapat di jadikan sebagai objek wisata.

Objek wisata tersebut adalah Gunung Pukang. Ya.. Gunung Pukang terletak di KM 10 desa Amari Bura/Bahalang. Gunung Pukang sendiri meruakan salah satu gunung tertinggi di kawasan pegunungan Lalap – Bahalang, selain gunung Trubalu.

Gunung pukang sendiri merupakan gunung yang paling mudah untuk di capai, karena bisa dengan kendaraan roda 2 bisa lansung mencapai puncak. Di sini juga anda bisa melihat hampir keseluruhan dari keindahan alam dan hutan-hutan yang berada di lembah gunung, serta merupakan tempat yang cocok untuk berpiknik, karena di atas gunung tanahnya cukup rata dan aman.

Bagi yang pernah datang kesini dan menyaksikan secara lansung panorama alam dari pegunungan bahalang, pastinya secara tidak lansung akan jatuh cinta dengan alam dan kab. Barito Timur. Sedangkan bagi anda yang belum pernah ke sini, maka datanglah dan jelajahlah!!

Itulah sedikit info tentang wisata pegunungan di bahalang, yaitu gunung pukang. Tempat ini juga merupakan paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kab. Barito timur.

Untuk informasi jalur akses ke desa bahalang, silahkan baca (di sini). Tempat lain yang kami rekomendasikan menjadi objek wisata adalah Gunung Jodoh, Gunung Trubalu, dan Air terjun Bahalang. Tempat wisata tersebut semuanya berada di desa Amari Bura, kec. Patangkep Tutui.
Terakhir, untuk yang telah membaca tulisan ini semoga bermamfaat dan dapat memberikan informasi yang anda butuhkan serta dapat memjukan sektor pariwisata daerah. Untuk pemerintah tolong perhatikan objek wisata ini!! Dan ingat jangan buang sampah sembarangan.

Terima kasih untuk Dody dan Welly dari desa Ampari Bura yang telah membantu dalam explorasi.

Tabe, Sangkay City.

7 Responses to "Objek Wisata Gunung Pukang di Bahalang, Bartim"

  1. Kayak nya ada yang lebih menarik lagi untuk di explorasi selain tempat tersebut..yang jarak nya tidak terlalu jauh juga.he

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang masih banyak tempat-tempat menarik yang masih belum terjelajah oleh kami, dan banyak dari tempat tersebut di luar daerah bahalang.., trima kasih atas kunjungan nya!

      Delete
    2. Mungkin ada tempat lain yg bisa anda explorer lagi disitu,seperti goa liang luting,dan air terjun ..kemudian air terjun di desa tangai lana.kec.paku beto juga mantapp,,saran saya kalaw kesana pas musim hujan ya

      Delete
    3. 1 lagi tambahan ,riam tampoe lengon di desa jango,,paling bagus pas musim kemarau

      Delete
    4. terima kasih atas informasinya.. untuk air terjun di bahalang sudah kami explore., tp untuk tempat-tempat lainyan masih belum..

      Delete
    5. Iya sama2.silahkan di coba.he..kalaw berminat juga bisa bareng kami nanti rencana tgl 24 sekalian camping di puncak.

      Delete

Bagaimana Pendapat Anda?