Bambu Tamiang dan nama Tamiang Layang

AAA – Setiap nama pasti ada cerita. Dalam post ini Sangkay city blogs akan bercerita tentang bambu Tamiang dan Tamiang Layang.

Melihat dari beberapa artikel yang membahas tentang Bambu Tamiang dan Tamiang Layang, memang menarik, makanya kami blogger sangkay city juga membuat artike ini dengan refrensi foto yang lebih jelas dengan foto bambu tamiang yang asli.

Apakah anda pernah melihat bambu Tamiang? .. apakah ada hubungan nya dengan Tamiang Layang? ..munkin dalam artikel ini admin akan memperkenalkan tentang bambu Tamiang.

bambu Tamiang
Bambu Tamiang tersebut terletak di belakang rumah admin, tepatnya di Sangkay (desa Sarapat). Bambu yang tumbuh subur tersebut termasuk bambu yang susah untuk di temukan. Jadi bila anda ingin bambu ini, bisa hubungi sangkay city blog (kami).

Lalu apa hubungan bambu Tamiang dengan Tamiang Layang?


Tamiang Layang merupakan ibukota kabuaten Barito Timur, provinsi Kalimantan Tengah. Konon menurut sejarah nya nama Tamiang Layang di ambil dari nama bambu Tamiang.

Seperti yang di tulis oleh Sutopo Ukip (Tapa Ukip) pada blognya bahasamaanyan.blogspot.com yang berjudul Asal Mula Penyebutan Tamianglayang

          “Penyebutan nama Tamianglayang yang diambil dari nama sejenis pohon bambu yang berdiameter sekitar 2 cm, dengan panjang ruas sekitar 80 cm. Menurut mitologi keampuhan dari bambu tersebut, mampu mencabut nyawa dari illah yang menguasai di angkasa yang disebut oleh anggota masyarakat yaitu Illah Nanyu. Mitologi itu selanjutnya mengatakan bahwa illah yang bernama Nanyu Manolon berkelahi dengan seorang penduduk yang bernama Amang Mahai. Dalam perkelahian itu Amang Mahai dapat menikam bambu tersebut keleher nanyu Manolon yang mengakibatkan kematiannya. Sedangkan kata "Layang" memberikan keterangan atau memberitahukan bahwa nyawa illah itu sudah tidak ada lagi atau sudah meninggal. Tempat kejadian dimana terjadi peristiwa pembunuhan Nanyu Manolon, yang ditewaskan oleh Amang Mahai adalah termasuk wilayah Hadiwalang atau Bagok. Amang Mahai melakukan pembunuhan terhadap illah tersebut, setelah diketahui bahwa illah itu telah memporakporandakan sebuah kampung bernama Ete'en dan Gapijar, dimana Amang Mahai bertempat tinggal. Karena keampuhan bambu tersebut, maka nama bambu tersebut diabadikan oelh anggota masyarakat untuk nama kampung atau tumpuk yang baru itu dengan nama Tamianglayang.”
Well.. terima kasih telah membaca artikel ini, tabe.

Amun hamen paring tamiang? Hubungi fb (deprimanuel) (dwiputrasangkay)

0 Response to "Bambu Tamiang dan nama Tamiang Layang"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?