Explore Liang Ayah (Barito Timur)

AAABarito Timur dengan segala hal-hal unik dan menarik yang ada di dalam nya. Kali ini kami Perjalanan di Tanah Dayak memasuki sebuah Goa yang bernama Liang Ayah.
liang ayah
Bersama teman teman kami mencoba untuk mengexplore goa tersebut. 

Masuk ke pedalaman desa yang ada di kabupaten Barito Timur, prov. Kalimantan Tengah. Perjalanan kami lakukan menuju Liang Ayah ini di temani oleh saodara @rory_demam_sweep yang kebetulan rumah nya tidak jauh dari Goa.

Ini merupakan pertama kali kami datang ke Goa Liang Ayah, hanya dengan peralatan seadanya yaitu senter kecil, kami masuk ke dalam Goa.
Didalam goa kami di ceritan tentang sejarah atau mitos – mitos tentang awal mula terbentuknya Liang Ayah oleh sodara @rory_demam_sweep 

Di dalam Goa Liang Ayah terdapat sebuah Kusi/Tajau (Guci ). Guci tersebut terletak tepat di tengah lorong Goa yang sangat luas (luas sekitar 15 meter persegi). Di dalam goa tersebut juga terdapat genangan air yang cukup dalam, sedalam lutut orang dewasa. Ada juga tempat orang bertapa.

Untuk luas keseluruhan dari Liang ayah sebenarnya sangat luas, jadi kami tidak sempat untuk mengexplore keseluruhan dan hanya memasuki satu goa saja.

goa liang ayah dulunya merupakan tempat wisata yang sering di kunjungi orang dan tiap tahun di adakan acara seerti panggung musik. Hanya saja tiap kali di buat acara yang meriah selalu terjadi bencana, seperti datangnya angin kencang dan petir” ucap @rory_demam_sweep
liang ayah

Di dalam Goa Liang Ayah tersebut juga ada beberapa batu yang berbentuk tubuh manusia, bisa terlihat dari bentuk dan lekukan batu yang menampel di goa tersebut. Sayangmya dokumentasi kami tidak begitu jelas karena kurangnya pencahayaan dan gelapnya goa tersebut.

Untuk jalan menuju kawasan Liang ayah sebenarnya cukup bagus dan bisa di lewati motor, hanya saja karena jarang di lewati jalan tersebut sedikit tertutup oleh semak semak. Berjarak sekitar 500 meter dari jalan utama desa, dengan menyebrangi sebuah jembatan yang di aliri sungai Rukuton
di atas jembatan sungai rukuton
Di atas jembatan, kami juga sempat bersantai sambil ngobrol tentang Liang Ayah.

Liang Ayah merupakan tempat yang sangat bersejarah dalam asal-usul suku dayak Lawangan maupun dayak Maanyan yang mendiami kabupaten Barito Timur. Tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik dengan ciri khas nya sendiri. Banyak harapan kami akan keberadaan Goa Liang Ayah ini kedepannya.
explor liang ayah
Untuk lebih lengkapnya Liang ayah terletak di Kelurahan Ampah Kota, RT 30 (Batu Sahur Kowang Bawo, Jaa Boi Bontar) kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, provinsi Kalimantan Tengah.

Tabe! 
Perjalanan di Tanah Dayak
@depri_manuel @indri_nahas @rory_demam_sweep

0 Response to "Explore Liang Ayah (Barito Timur)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?