Ampah Kota Barito Timur

AAA – Ampah Kota, bukan Kota Ampah ya!!

Ampah Kota merupakan nama kelurahan di kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia. Kab Barito Timur sendiri ibukotanya adalah Tamiang Layang yang berjarak 47 km dari kelurahan Ampah Kota.

Sebelum pemekaran kabupaten – kabupaten di kawasan barito, Ampah memang sudah terkenal lebih dulu. Ampah Kota juga terkenal sebagai pusat perekonomian di wilayah Kabupaten Barito Timur. hal ini dikarenakan Kecamatan Dusun Tengah merupakan sentra pertanian, sentra lintasan yang dikenal sebagai segitiga emas Ampah serta pusat perdagangan.
bundaran ampah
Pusat keramaian di Ampah Kota berupa kawasan Pasar Ampah (setiap Jumat) di tepi sungai dekat Jembatan Belanda yang bersejarah, dan sekitar tepian Jalan Negara yang bercabang tiga di Tugu Ampah (Tugu Simpang 3).

Baca Juga : Jembatan Belanda di Ampah Kota

Kelurahan Ampah Kota merupakan nama ibu kota dari Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia. 

(Asal Muasal Kota Ampah)

Asal muasal Ampah : Kata “Ampah” itu di ambil dari Puluhan Batang-batang kayu yang larut dan menumpuk pada hilir Sungai. dari fenomena alam itu diambilah oleh penduduk Kata “Ampah” yang berarti Air yang mengalirkan sebuah batang kayu yang besar adalah sebagai perbahruan Hidup, dan batang kayu yang besar tersebut disimbolkan sebagai Pemerintahan yang Kokoh”. itulah sebabnya kata Ampah itu di ambil Pemerintah sebagai nama Sebuah Kota. yang hingga sekarang tetap menjulang dan semakin berkembang yakni yang dikenal sebagai “Kota AMPAH”
catatan : Konon katanya nama batang kayu yang menumpuk tersebut namanya di jadikan nama kota yaitu AMPAH.

(bukan Salah, Bukan Benar)
namun, tak sedikit orang mengartikan Kata Ampah itu adalah diambil dari kata “SaMpah” yang artinya Kotoran bekas-bekas makanan dll. konon katanya karena di Sungai Ampah itu dahulu dijadikan tempat Pembuangan Sampah-sampah…… dan yang lainnya mengatakan karena di sana berhamburan/banyak sekali Sampah”.

catatan : Kebenaran terletak pada “Kenyataan dan Pengertian mengenai sesuatu. jangan hanya secara kasat mata saja memahami suatu Arti” karena arti itu dapat mempengaruhi Generasi Penerus.

Sekadar info Jarak Antar Kota :
Ampah - Banjar masin sekitar 285 km
Ampah - Tanjung sekitar 58 km
Ampah - Buntok sekitar 48 km
Ampah - Muara Teweh sekitar 139 km
Ampah -Palangkaraya sekitar 275-an km

Sumber : briyudistira.wordpress.com - jurnalperantau.blogspot.com

0 Response to "Ampah Kota Barito Timur"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?