Desa Ampari Bura dan Stay Gunung Jodoh

AAA – Desa Ampari Bura adalah sebuah desa yang ada di Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Desa Ampari Bura juga sering di sebut desa bahalang (Desa Ampari Bura, Tumpuk Bahalang).

Desa Ampari Bura

Desa yang terletak dibagian timur dari kabupaten barito timur ini adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Patangkep Tutui, dan nama kecamatan Patangkep Tutui diambil dari dua buah nama sungai yang ada di daerah ini yakni sungai Patangkep dan sungai Tutui. Dengan luas Kecamatan sebesar 255 Km².


Desa Ampari Bura merupakan daerah perbukitan, bersama dengan Desa Lalap, Desa Kotam, Desa Mawani, dan Desa Jango. Sedangkan Desa lain nya merupakan daerah dataran di Kecamatan Patangkep Tutui. Desa Ini juga sangat dekat dengan Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Prov. Kalimantan Selatan. Karena Desa Ampari Bura merupakan dataran tinggi maka pada malam hari anda dapat melihat indah nya Kota Tanjung yang berkedip-kedip warna warni.

Selain itu kegiatan pertambangan banyak beroprasi di desa ini, seperti PT. BNJM, PT. GEA, dan PT. Indobara kemudian hasil dari pertambangan ini di bawa ke desa Telang Baru. Karena Desa Ampari Bura menjadi jalur perusahaan batu bara, maka pemerintah sepertinya tidak ada kemauan untuk mengaspal jalan menuju bahalang. Desa Ampari Bura juga berbatasan dengan desa Jango, Desa Saing Pipa, Desa Gunung Karasik dan Desa Lalap.


 Stay Gunung Jodoh

Ketika itu pada tanggal 26 Juni 2013, saya dan Dwi Tule melakukan perjalanan ke desa Ampari Bura dengan tujuan ke Gunung Jodoh dan berkunjung kerumah Welly dan Dody (puran). Teman saya sekolah di SMKN 2 Tamiang Layang.

“Gunung Jodoh” begitulah yang teman saya (Welly) katakan setelah saya sampai di depan gereja katolik Santo Petrus Desa Ampari Bura, Sambil menunjuk sebuah tebing tinggi yang ada di seberang jalan muka gereja katolik Santo Petrus. Gunung yang ada di pinggir jalan itu memiliki tinggi sekitar 10 Meter.

 Alasan utama masyarakat banyak yang datang ke gunung jodoh adalah karena tempat ini memiliki jarinagan seluler yang bagus atau full. Yah karena tempat ini agak tinggi, selain pemandangan yang indah kami juga dapat bersantai menikmati angin yang berhembus, dengan musik dan sebatang dunhill, serta buah jeruk.

Demikian perjalanan saya ke gunung jodoh bahalang. Dari tamiang layang satu putaran pukul rata, melewati pasar panas, bentot, lalap, dan sampailah desa Ampari Bura/Bahalang. Di perjalanan pulang melewati Lalap, Bentot, tangkan, Hayaping, Didi, dorong, dan sampailah Tamiang layang. Semoga saya dapat lagi berkunjung ke tempat ini dan melihat tempat tempat bagus yang ada di desa Ampari Bura.

#Depri Manuel Cid with Dwi Putra Handrian
#from Sangkay City

0 Response to "Desa Ampari Bura dan Stay Gunung Jodoh"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?