Penyebutan Borneo Untuk Pulau Kalimantan [asal-usul]

AAA – Taukah anda asal usul nama Borneo? Borneo adalah sebutan lain untuk pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar ke 3 di dunia.

Dalam post ini, Sangkay City blog akan memberitahukan anda asal usul penyebutan borneo untuk pulau Kalimantan, atau lebih tepat nya sangkay city blog telah mengumpulkan beberapa artikel yang sudah membahas asal usul nama borneo. Berikut tulisan nya !

Kata 'Borneo' merupakan nama populer lain dari kalimantan khususnya di benua eropa, munculnya sebutan Borneo oleh orang eropa dikarenakan di kalimantan banyak ditemukan pohon Borneol (bahasa latin : Dryobalanops camphora) yaitu pohon yang mengandung terpetin, yaitu bahan yang dpergunakan untuk antiseptik atau minyak wangi dan kamper. pada awal kedatangan orang eropa ke Indonesia terutama dikalimantan, Borneol merupakan salah satu sumber daya alam yang dicari bangsa eropa di Kalimantan.

Namun bila kita kutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Lokal Kalimantan Timur (Sugeng Adnan, 1995:34, 35) nama borneo berasal dari sebuah nama kapal yang pada suatu peristiwa beberapa abad yang lalu, terdapat sebuah kapal layar berbendera asing yang berlabuh di Bandar Alalak, Kerajaan Banjar, Kalimantan Selatan. Rupanya kapal layar tersebut sebelumnya mengalami kerusakan berat sewaktu dalam perjalanan. Telah lama kapal itu di perbaiki, tetapi tidak juga membawakan hasil yang memuaskan. Kapal layar itu bernama "Borneo" dan di nakhodai oleh seorang kapten bernama "De Barito".


Selain itu kata Borneo juga menunjuk pada satu kerajaan dipulau utara kalimantan Yaitu Kerajaan Brunei Darusalam yang sering disinggahi pedagang eropa pada pada masa kolonial dimana kerajaan Brunei pada saat itu merupakan sebuah kerajaan yang paling menonjol dipulau kalimantan sekitar abad ke 16. karena kesulitan lidah orang eropa menyebut kata Brunei akhirnya menjadi terbiasa dengan sebutan Borneo.


Nama Kalimantan yang biasa digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia disebut berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kalamanthana. Kata-kata ini memiliki arti sebagai pulau yang memiliki hawa panas. Nama Kalimantan ini secara resmi digunakan oleh negara untuk memberi nama ke pulau ini karena akar katanya yang tidak berasal dari penjajah Eropa.


baca juga : Penyebutan Kota Cantik Palangka Raya


Sekarang ini Pulau Kalimantan atau Borneo merupakan wilayah yang dimiliki oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.


Demikian, kritik dan saran di kolom komentar!! Tabe.

2 Responses to "Penyebutan Borneo Untuk Pulau Kalimantan [asal-usul]"

  1. informasi yang bermanfaat banget buat menambah wawasan

    ReplyDelete
  2. info yang kaya gini nih yang jarang diketahui banyak orang. lumayan buat nambah ilmu.

    ReplyDelete

Bagaimana Pendapat Anda?