Penyebutan Kota Cantik Palangka Raya

AAA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di ulau Kalimantan (Borneo). Pada tahun 1957-1972 Palangka Raya dikenal dengan nama Palangkaraja.
Palangka Raya adalah ibukota provinsi terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 2.400 km². Sehingga di canangkan menjadi ibukota baru Indonesia atau emindahan ibukota dari Jakarta ke Palngka Raya. Luas Palangka Raya setara 3,6 x luas Jakarta.

Untuk tulisan kali ini.. sebenarnya untuk menjawab beberapa pertanyaan yang di tanyakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya kota Palangka Raya, yaitu apa arti kota cantik sehingga menjadi julukan kota Palangka Raya? atau awal penyabutan Palangka Raya kota cantik?.

Nah... berikut ini adalah penjelasan nya. Sebenarnya kata dari “CANTIK" adalah sebuah akronim dari kata :

C : TerenCana
A : Aman
N : Nyaman
T : Tertib
I : Indah
K : Keterbukaan

Kata – kata tersebut juga terdaat dalam lagu mars kota Palangka Raya. Jadi bila ada orang yang bertanya “Tahukah Anda Kenapa Palangkaraya Dijuluki Kota Cantik?” sekarang anda sudah tau karena membaca artikel ini.

Palangka Raya berdiri pada tahun 1957 dengan semboyan Isen Mulang yang berarti Pantang Mundur adalah kota yang indah dan tertata rapi, jika anda tinggal di sini anda akan merasakan nya sendiri, tak ada kata macet dalam perjalanan anda.

Tabe, Salamat kamalem, upi maeh!

Baca juga : Daftar Objek Wisata di Palangka Raya
Baca juga : Jarak Palangkaraya dengan Kebupaten – Kabupaten di Kalimantan Tengah

0 Response to "Penyebutan Kota Cantik Palangka Raya"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?