BOS Foundation, Yayasan Konservasi Orangutan dan Habitatnya di Borneo

AAABorneo Orangutan Survival (BOS) Foundation adalah sebuah organisasi atau LSM nirlaba Indonesia yang didedikasikan untuk konservasi orangutan dan habitatnya melalui keterlibatan masyarakat setempat di Borneo, bekerjasama dengan masyarakat lokal, Kementerian Kehutanan dan organisasi mitra internasional. BOS adalah LSM konservasi primata terbesar di seluruh dunia.
Yayasan BOS ini didirikan pada tahun 1991 di Kalimantan ( Borneo Indonesia), oleh seorang ahli hutan yang terlatih, ahli mikrobiologi , konservasi , aktivis hak-hak binatang , insinyur padang gurun dan pengusaha sosial. Dia adalah Willie Smits (lahir 22 Februari 1957, di Weurt, Gelderland, Belanda) Willie Smits telah tinggal di Kalimantan sejak tahun 1985 dan merupakan warga negara Indonesia. Ia juga menjadi penasehat senior Kementerian Kehutanan di Indonesia dan telah dikenal di Belanda.

Saat bekerja sebagai peneliti hutan di Kalimantan Timur, Indonesia pada tahun 1989, Smits bertemu dengan orangutan bayi di sebuah kandang di pasar, dan kemudian kembali menemukannya ditinggalkan di tumpukan sampah. Inilah titik balik dalam karirnya: membawa pulang orangutan, dia merawatnya kembali ke kesehatan. Dia segera diberi orangutan lain untuk dijaga, dan pekerjaan menyelamatkan, merehabilitasi dan melepaskan orangutan ke alam liar berkembang menjadi apa yang menjadi Yayasan Orangutan Survival Borneo lakukan sekarang dengan sloganMasa depan yang aman untuk orangutan, bebas dan aman di habitat alami mereka, hidup harmonis dengan masyarakat setempat

Willie Smits adalah penemu hutan hujan yang telah merevolusi teknik dan kebijakan reboisasi di seluruh dunia dan juga merupakan pelindung orangutan dan habitat alami paling menonjol di dunia.

Tentang OrangUtan

Orangutan adalah satu-satunya kera besar di Asia dan hanya ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera sebagai dua spesies generik, Pongo pygmaeus dan Pongo abelii. Mayoritas orangutan (90%) berada di Indonesia (Kalimantan dan Sumatera), sedangkan sisanya 10% dapat ditemukan di Sabah dan Sarawak di Malaysia.

Sebagai salah satu kerabat terdekat kita orangutan sangat cerdas, makhluk yang terpandang. Mereka adalah spesies ikon Indonesia dan spesies payung penting. Dengan melindungi orangutan di habitat aslinya, seluruh flora dan fauna lainnya juga dilindungi. Melindungi habitat hutan mereka sama pentingnya bagi manusia seperti satwa liar.

Diperkirakan populasi orangutan Borneo telah menurun lebih dari 80% dalam tiga generasi terakhir. World Conservation Union (Daftar Data Merah IUCN 2007) mengklasifikasikan kedua spesies orangutan sebagai Terancam Punah. Kedua spesies tersebut juga tercantum dalam Lampiran I Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka Fauna dan Flora Liar (CITES). Orangutan dilindungi secara hukum oleh hukum nasional dan internasional, namun hukum dan peraturan saja tidak cukup untuk secara aktif melindungi spesies karismatik ini. Konservasi orangutan memerlukan upaya yang komprehensif dan terpadu oleh semua pemangku kepentingan, baik di lapangan maupun di arena politik, untuk memastikan keberhasilannya.

Pada tahun 2007, Strategi Nasional dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan 2007 - 2017 ditandatangani oleh Kementerian Kehutanan dan diumumkan oleh Presiden Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim Bali, Desember 2007. Rencana ini dijadwalkan untuk ditinjau dan diperbaharui di tidak lama lagi.

Semua konservasi orangutan di Indonesia - termasuk kegiatan yang kami lakukan di Yayasan BOS - didasarkan pada Rencana Aksi ini.

Apa yang kita lakukan BOS Foundation?
1.    Menyelamatkan
Penyelamatan, rehabilitasi dan reintroduksi orangutan dan spesies yang dilindungi lainnya (beruang madu), mendapatkan izin dan persetujuan pemerintah untuk lokasi reintroduksi, kegiatan translokasi dan pemantauan pasca rilis dan translokasi
2.    Keberlanjutan pendanaan
Kelestarian dana, termasuk penggalangan dana dan pengelolaan dana
3.    Habitat orangutan
Konservasi habitat orangutan, yang terdiri dari pengelolaan habitat orangutan liar di Kawasan Mawas, Kalimantan Tengah, pengelolaan lokasi translokasi dan reintroduksi, pengelolaan kawasan konservasi orangutan dan terumbu karang dan fasilitasi habitat pengelolaan orangutan terbaik di dalam penggunaan lahan lainnya.
4.    Keterlibatan dan pemberdayaan
Keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat lokal, peningkatan komunikasi dan publikasi, kerjasama dengan pemangku kepentingan, penelitian terkait konservasi dan pendidikan penjangkauan dan mendorong peningkatan undang-undang yang relevan
5.    Organisasi
Manajemen organisasi dan penguatan sistem manajemen

Visi dan Misi BOS Foundation

Visi Yayasan BOS
“The realization of Bornean orangutan and habitat conservation with the community’s participation”

Misi Yayasan BOS
1.    Reintroduksi

Mempercepat pelepasan orangutan Borneo dari lokasi ex-situ ke lokasi in-situ
2.    Kemitraan
Mempromosikan partisipasi dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan
3.    Melindungi
Mendorong perlindungan orangutan Borneo dan habitatnya Meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar habitat orangutan
4.    Pengembangan Kapasitas
Memperkuat kapasitas kelembagaan
5.    Meneliti
Mendukung kegiatan penelitian dan edukasi untuk konservasi orangutan dan habitatnya di Borneo

Program BOS Foundation
Ada 4 program BOS Foundation di Borneo, yaitu 

  1. Nyaru Menteng, Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah (baca selengkapnya) 
  2. Samboja Lestari, Program reintroduksi orangutan di Kalimantan Timur (baca selengkapnya) 
  3. Mawas, Program BOS Foundation di Kalimantan Tengah (baca selengkapnya) 
  4. RHO (Restorasi Habitat Orangutan) Indonesia (baca selengkapnya)

Proyek lainnya
BOS juga menjalankan Program Pendidikan Konservasi Primata di Pusat Primata yang didanai swasta di Kebun Binatang Ragunan di Jakarta . Pusat ini dirancang oleh Willie Smits sehingga orangutan dapat tinggal di lingkungan sekitar mungkin. Pengunjung melihat orangutan melalui kaca yang gelap dan gelap sehingga orangutan tidak terganggu oleh kehadiran mereka.

Refrensi : website BOS Foundation dan Wikipedia

0 Response to "BOS Foundation, Yayasan Konservasi Orangutan dan Habitatnya di Borneo"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?