Universitas PGRI Palangka Raya

AAA – Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia disingkat PGRI. Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing.
Universitas PGRI Palangka Raya
Selanjutnya dikukuhkan/ ditegaskan kembali  berdasarkan  SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya. Selanjutnya berdasarkan surat keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud No, 109/DIKTI/Kep/1997 tanggal 12 Mei 1997 tentang perubahan nama Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya menjadi Universitas PGRI Palangka Raya terhitung sejak tanggal 12 Mei 1997.

Kedudukan Universitas PGRI Palangka Raya


Universitas PGRI Palangka Raya adalah Unit organisasi dilingkungan pendidikan nasional dipimpin oleh Rektor yang berada dan bertanggung jawab langsung kepada PPLP/YPLP/PGRI Pusat Melalui YPLP PT. PGRI Kalimantan Tengah.

Tugas Pokok Universitas PGRI Palangka Raya

Sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor : 0152/1990  Tanggal 19 Maret 1990, yang diperbaharui dengan SK Dirjen DIKTI Depdikbud RI Nomor : 97/ DIKTI/Kep/ 1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya, yang kemudian dirubah melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud Nomor 109/DIKTI/Kep/1997 tanggal 12 Mei 1997 tentang perubahan nama Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya menjadi Universitas PGRI Palangka Raya terhitung sejak tanggal 12 Mei 1997, tugas pokok Universitas PGRI Palangka Raya adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian tertentu.

Fungsi Universitas PGRI Palangka Raya

Untuk menjalankan tugas pokok diatas, maka Universitas PGRI Palangka Raya mempunyai fungsi :
•    Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi;
•    Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian tertentu.;
•    Melakasanakan pengabdian kepada masyarakat;
•    Melaksanakan pembinaan di lingkungan civitas akademika;
•    Melaksanakan kegiatan layanan administratif.

TUJUAN
Universitas adalah Lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki tujuan sebagai berikut:
1.    Pengembangan program pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan akademik yang menguasasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesional, mandiri, dan tanggap terhadap perubahan dan pembangunan;
2.    Menyiapkan para mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang berkemampuan akademik yang dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi;
3.    Mengembangkan universitas yang berwawasan akademik di bidang ilmu kependidikan, pertanian, ilmu hukum dan sosial yang berperan sebagai pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan pola ilmiah pokok Universitas;
4.    Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mendorong mahasiswa, dosen dan pegawai dalam meningkatkan mutu.

Fakultas di Universitas PGRI Palangka Raya
Universitas PGRI Palangka Raya memiliki 4 fakultas, yaitu:
1.    Fakultas Pertanian , Program Studi Agribisnis dan Kehutanan
2.    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Program Studi Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
3.    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Program Studi Sosiologi dan Ilmu Politik
4.    Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum

Sejarah Universitas PGRI Palangka Raya

Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali  berdasarkan  SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.

Selanjutnya berdasarkan surat keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud No, 109/DIKTI/Kep/1997 tanggal 12 Mei 1997 tentang perubahan nama Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya menjadi Universitas PGRI Palangka Raya terhitung sejak tanggal 12 Mei 1997.

Logo Universitas PGRI Palangka Raya
Visi dan Misi Universitas PGRI Palangka Raya

VISI Universitas PGRI Palangka Raya


Visi Universitas PGRI Palangka Raya adalah Menjadikan Perguruan Tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, bermoral dan berdaya saing dan sebagai salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni guna mendukung pembangunan daerah dan nasional secara berkelanjutan.

MISI Universitas PGRI Palangka Raya


Misi Universitas PGRI Palangka Raya sebagai berikut:
1.    Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional yang berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang produktif, berkelanjutan dan bermoral pancasila;
2.    Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mengacu pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat;
3.    Membina kehidupan akademik yang demokratis dan dinamis dengan menggunakan Sumber Daya yang ada secara optimum, transparan, akuntabel dan berkelanjutan.

BENTUK LAMBANG Universitas PGRI Palangka Raya

Bentuk Lambang adalah Segi Lima dan Lingkaran Dalam dengan Dasar Putih, bertuliskan “UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA” 


Isi lambang terdapat 4(empat) unsur lambang yaitu Suluh (obor), Api Suluh, Empat Buku Mengapit Suluh, Sayap

Warna yang digunakan pada lambang adalah Hitam, Putih, Hijau, Merah, Kuning

ARTI LAMBANG Universitas PGRI Palangka Raya
•    Segi Lima adalah Ideologi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
•    Lingkaran adalah kesatuan, kebulatan ilmu pengetahuan
•    Suluh (obor) yang berdiri tegak adalah tugas dan fungsi pengabdian sebagai pendidik yang besar dan luhur.
•    Api Suluh berwarna merah adalah sasaran budi, cipta, rasa, karsa, dan  hasil karya generasi.
•    Empat Buku Mengapit Suluh dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih, melambangkan : sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, ketrampilan, dan akhlak bagi lembaga pendidikan tinggi.
•    Sayap mencerminkan prinsip pengembangan dan mempunyai makna Historis Universitas PGRI Palangka Raya. Sayap dibagian kanan-kiri buku berwarna kuning melambangkan bahwa dalam mendidik dan mengembangkan IPTEKS dilandasi keluruhan budi untuk diabdikan kepada pembangunan masyarakt daerah, bangsa dan negara.
•    Warna Hitam adalah Ketabahan dan Keabadian
•    Warna Putih adalah Kesucian dan Berjiwa Besar
•    Warna hijau adalah Kemakmuran Generasi
•    Warna Merah adalah Semangat Perjuangan
•    Warna Kuning adalah Keluhuran Budi

0 Response to "Universitas PGRI Palangka Raya"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?