Mengenal Tentang Orangutan dari BOS Foundation

AAA orangutan, apakah anda pernah melihat satwa ini? Ya jika anda pernah, anda wajib mengetahui lebih jelas dengan orangutan dengan membeca artikel ini ‘Mengenal Tentang Orangutan
Orangutan adalah satu-satunya anggota keluarga kera besar yang ditemukan di Asia. Semua anggota keluarga kera besar lainnya berada di Afrika; simpanse (Pan troglodytes), gorilla (Gorilla gorilla dan Gorilla beringei), dan bonobo (Pan paniscus). Ada dua spesies orangutan, orangutan orangutan Borneo (Pongo pygmaeus) tersebar di seluruh pulau Kalimantan di Indonesia (Kalimantan) dan Malaysia (Sabah dan Sarawak, dan orangutan sumatera (Pongo abelii) yang berada di pulau Sumatra. Spesies telah dipisahkan secara geografis setidaknya selama 8.000 tahun ketika permukaan laut meningkat mengisolasi kedua pulau tersebut. Berdasarkan penelitian ilmiah yang menyelidiki genetika, morfologi, ekologi, perilaku dan riwayat hidup, orangutan sumatera dan orangutan Borneo menunjukkan perbedaan yang signifikan (Delgado & van Schaik, 2000; Groves, 2001; Zhang et al, 2001). Karakteristik fisik keseluruhan
•    Orangutan Borneo (Pongo pygmaeus) memiliki ukuran tubuh lebih besar, dan memiliki rambut pendek berwarna coklat gelap atau kemerahan;
•    Orangutan sumatera (Pongo abelii) memiliki ukuran tubuh lebih kecil, dengan rambut oranye yang lebih cerah
•    Pada kedua spesies tersebut, orangutan jantan jauh lebih besar dari pada betina, biasanya dua sampai tiga kali lebih berat.
•    Orangutan jantan mengembangkan bantalan pipi besar (flensa) yang mengembangkan kematangan pasca-seksual

Orangutan Borneo
Orangutan Borneo dikelompokkan menjadi 3 sub-spesies (Groves, 2001; Warren et al., 2001): Pongo pygmaeus pygmaeus , mulai dari barat laut Kalimantan (termasuk Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum) di utara Sungai Kapuas, di seberang negara bagian Sarawak (Malaysia) Pongo pygmaeus wurmbii , mulai dari selatan sungai Kapuas di Kalimantan Barat sampai timur sungai Barito di Kalimantan Tengah Pongo pygmaeus morio yang berkisar di seluruh Sabah dan Timur. Kalimantan selatan ke sungai Mahakam.

Habitat dan Perilaku
Orangutan Borneo menghuni hutan dataran rendah tropis dan hutan rawa sampai 500 m di atas permukaan laut, kadang-kadang mulai lebih tinggi atau di habitat yang terdegradasi. Orangutan adalah hewan arboreal terbesar, yaitu makhluk yang menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan dan menghabiskan seluruh kehidupan mereka di pepohonan. Namun orangutan, terutama laki-laki, menghabiskan waktu mencari makan atau bepergian di lapangan. Orangutan membangun sebuah platform tidur baru, atau ‘sarang’, tinggi di pohon setiap malam dengan menekuk cabang menjadi mangkuk dan mengisinya dengan dedaunan.

Makanan
Orangutan sebagian besar adalah frugivore (Pemakan Buah Hutan), dengan lebih dari 100 jenis buah biasanya tercatat dalam makanan mereka dari satu area jelajah. Namun mereka memiliki jenis makanan yang sangat luas yang meliputi bunga, daun, lapisan kambium kulit kayu; bagian dalam dari rotan, pandan, jahe-jahean dan palem; rayap, semut dan invertebrata lainnya; madu, jamur dan pada kesempatan yang sangat langka telah diamati untuk memakan mamalia kecil. Mereka perlu mengandalkan makanan ini selama periode kekurangan buah dan juga mengembangkan cadangan lemak besar untuk membantu mereka melewati periode kekurangan pangan yang ekstrem, atau ‘periode krisis-buah’. Orangutan adalah agen penyebaran benih buah yang penting, baik dengan cara melewati benih melalui saluran pencernaan mereka atau dengan membawa dan membuang benih saat mereka melewati pepohonan, sehingga memainkan peran kunci dalam ekologi dan regenerasi hutan.

Perilaku Sosial
Orangutan pada dasarnya penyendiri dengan satu-satunya ikatan permanen antara ibu dan bayi. Namun mereka hidup dalam kelompok betina terkait yang sangat longgar, yang terkadang bertemu dua kali dan kadang-kadang lebih selama periode ketersediaan makanan yang lebih tinggi untuk memungkinkan ikatan dipertahankan, bayi bermain dan belajar bersama dan perilaku baru untuk dibagikan. Jantan menjaga jarak mereka untuk mencegah perkawinan sedarah dan menjadi dewasa secara seksual sekitar usia 15 tahun. Antara 18 dan 20 tahun mereka tumbuh jauh lebih besar dan mengembangkan karakteristik seksual sekunder dari flensa pipi dan kantung tenggorokan besar, yang mereka gunakan untuk membuat panggilan panjang yang keras untuk menarik perhatian wanita dan memperingatkan-dari jantan lain. Jantani berkompetisi untuk menjadi dominan, Kendati para jantan dominan terbukti menjadi ayah dari sebagian besar bayi, terutama jantan yang tidak berflensa berusia 15-20 tahun belum mencapai ukuran penuh dan mampu mengawini wanita secara paksa. Orangutan betina melahirkan satu bayi pada satu waktu setelah 8 setengah bulan kehamilan, dan tidak memiliki anak lagi sampai bayi pertama mencapai usia 7 tahun. Ini adalah interval antar kelahiran terpanjang yang dikenal di kerajaan hewan dan memungkinkan ibu untuk memberi perhatian penuh pada keturunannya karena mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dengan sendirinya, termasuk membuat sarang, mengenali berbagai jenis makanan dan menghindari predator. Setelah mempelajari keterampilan ini, orangutan tetap tinggal dengan ibunya untuk perlindungan dan membuat peta mental hutan, terutama untuk mengetahui di mana semua sumber makanan penting ada, sampai saatnya untuk pindah. Orangutan adalah makhluk yang sangat cerdas dengan keterampilan pemecahan masalah tingkat lanjut. Mereka dapat memanfaatkan hal-hal di lingkungan mereka untuk peralatan dan obat-obatan. Mereka menampilkan perilaku budaya, dengan populasi yang berbeda menangani masalah yang sama dengan cara yang berbeda. Mereka belajar dari orangutan lain dan meneruskan keterampilan mereka sendiri saat mereka bertemu, yang lebih sering terjadi saat ketersediaan makanan tinggi. Dalam keadaan ‘buatan’ dimana ketersediaan makanan tidak terbatas, seperti di penangkaran atau di pulau pra-rilis BOS Foundation, mereka dapat dengan cepat mengembangkan dan berbagi keterampilan yang sangat canggih, seperti memancing, berenang dengan penggunaan pelampung atau penggunaan alat untuk akses makanan secara efisien.

Konservasi
Perkiraan populasi terbaru untuk orangutan Borneo yang berasal dari Lokakarya Habitat Viability Analysis (PHVA) Populasi tahun 2004, sekitar 55.000 orang [MOU1]. Pada saat yang sama dicatat bahwa populasi mengalami penurunan pada tingkat yang cepat karena (1) konversi hutan, terutama untuk perkebunan kelapa sawit dan bentuk pertanian lainnya; (2) bentuk kehilangan hutan lainnya, terutama kebakaran hutan di lahan gambut yang dikeringkan; (3) degradasi hutan oleh pembalakan liar dan (4) perburuan orangutan untuk makanan dan penangkapan untuk perdagangan hewan peliharaan. Sekitar sepertiga orangutan ditemukan di hutan konservasi dan sisanya berada di bawah ancaman berat. Mereka diklasifikasikan sebagai Terancam Punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN) dan dilindungi oleh Hukum Indonesia melawan segala jenis penganiayaan terhadap mereka atau habitatnya. Meskipun demikian hutan masih dibuka, ditebang atau dibakar dan ini menyebabkan kematian ribuan orangutan selama dekade terakhir dan perpindahan lebih banyak. Beberapa orangutan pengungsi ini telah diselamatkan oleh Pusat Reintroduksi yang bertujuan mengembalikan mereka kembali ke alam liar begitu hutan yang aman dan aman diidentifikasi.


Terima kasihatas kunjungan nya..

Sumber : website Yayasan Borneo Orangutan Survival

0 Response to "Mengenal Tentang Orangutan dari BOS Foundation"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?