Riam Sentaki (Dusun Tange Lana, Ds. Kalamus, Kec. Paku)

AAA – Objek wisata Riam Sentaki adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Riam Sentaki berada di Dusun Tange Lana, Desa Kalamus, Kecamatan Paku, dari Dusun gunung Karasik kita meneruskan perjalanan menuju Tange Lana sekitar 15 menit.

Lokasi menuju tempat ini lumayan sulit karena melewati perbukitan yang sangat banyak, dimana puncak-puncak tersebut begitu curam sehingga untuk pengendara yang tidak terbiasa menempuh perjalanan yang berat disarankan untuk berjalan kaki sejauh 1 Km namun jika menggunakan kendaraan kita bisa membawanya sampai ke lokasi riam tersebut.

Dalam perjalanan, kita akan melewati sungai Kikis dan sungai Paku dimana bebatuan besar akan kita temui diperjalanan tersebut.

Riam Sentaki menjadi riam tertinggi di Kabupaten Barito Timur, dengan kemiringan lebih dari 45 derajat dimana panjang riam ini mencapai 50 M dan membelah bebatuan dengan lebar normal mencapai 10 M.

Keunikan ini tidak dimiliki oleh wilayah lain, karena itulah potensi alam yang asli menjadikan Riam Sentaki berbeda dari wilayah lain. Kita bisa menikmati dinginnya air sungai kikis dari bawah atau mencoba untuk naik terus ke atas, masyarakat sekitar juga setiap hari pergi ke ladang menaiki riam ini agar perjalanan lebih cepat

Jika harus melewati hutan, maka jalannya akan lebih curam. Jika wisatawan ingin berkunjung kesini dapat meminta bantuan dengan anak-anak yang berada disekitar desa, mereka pasti mau dan siap membantu kita untuk sampai ke lokasi, jika kita baru pertama kali menuju objek wisata ini. Sebuah tempat yang jauh dari keramaian dan jauh dari hiruk-pikuk kota, menjadikan tempat ini cocok untuk liburan keluarga maupun rekan-rekan kantor yang suka tentang adventure.

Tempat ini pun sangat bersih dari sampah plastik, hanya saja perlu upaya bersama untuk membersihkan sampah dedaunan maupun ranting pohon yang berserakan di sekitar riam ini, maka dengan demikian objek wisata Riam Lumui akan semakin terlihat cantik

Jika ada waktu yang tepat, luangkanlah waktu kita agar mengunjungi tempat ini, salah satu primadona terbaik dengan riam tertinggi yang dimiliki Kabupaten Barito Timur.

Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Riam Sentaki
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Riam Sentaki (Dusun Tange Lana, Ds. Kalamus, Kec. Paku)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?