Jembatan Belanda di Ampah Kota

AAA – dalam sebuah perjalanan yang di lakukan crew dari Perjalanan di Tanah Dayak, kami menuju salah satu tempat yang memiliki bukti sejarah yang masih ada sampai sekarang yaitu Jembatan Belanda

Jembatan ini terletak di wilayah kelurahan Ampah Kota, Kec. Dusun Tengah, Kab. Barito Timur, Prov. Kalimantan Tengah.

Jembatan Belanda adalah Jembatan yang sudah lama di bangun pada jaman penjajahan Belanda, dan merupakan bukti sejarah perjajahan di Indonesia.
Dalam perjalanan tersebut kami melihat bahwa Jembatan yang terbuat dari kayu ulin ini masih berdiri kokoh di atas sungai Karau, meskipun faktanya jembatan ini masih kurang perawatan, kalau saja jembatan ini bukan di buat dari kayu ulin atau yang di kenal dengan kayu besi Kalimantan pasti nya sudah roboh. Itulah yang kami lihat.

Jembatan yang memiliki atap ini merupakan jalan untuk penyebrangan melintasi Sungai Karau, salah satu sungai anak sungai barito yang ada di kabupaten Barito Timur., meskipun sekarang sudah ada jembatan lain untuk menyebrang.

Menurut Sejarahnya penduduk Ampah pada jaman terpisah menjadi dua oleh Sungai Karau, jadi pemerintah Kolonial Belanda membangun jembatan tersebut untuk kelancaran beraktifitas. Memang tidak ada data sejarah siapa yang mendesain jembatan tersebut, serta aakah yang membuatnya orang belanda atau masyarakat yang di jajah.. 

@depri_manuel @Dky_Sign @Indri_nahas
Pejalanan di Tanah Dayak
Tabe!

Refrensi artikel : 
briyudistira.wordpress.com - withmywrite.wordpress.com - jurnalperantau.blogspot.com

1 Response to "Jembatan Belanda di Ampah Kota"

Bagaimana Pendapat Anda?