Kawasan wisata Kebun Raya Sampit

AAA – Salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur sekarang ini memiliki sebuah destinasi wisata yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

Ya.. Wisata tersebut adalah Kebun Raya Sampit.
Kebun Raya Sampit - borneonews.co.id
Kebun Raya Sampit terletak di Hutan Monumental Jl. Jendral Sudirman KM 29-31, Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan luas mencapai 600 hektare dengan ketinggian sekitar 30 m dpl

Sebagian kawasan masih hutan alami, sedangkan sebagian lainnya hutan ditanami kembali. Kebun Raya Sampit memiliki tema Konservasi Tumbuhan Hutan Kerangas. Sesuai dengan temanya, Kebun Raya Sampit akan fokus pada koleksi Tanaman Kerangas yang endemik di Kalimantan Tengah. Kebun Raya Sampit merupakan Kebun Raya yang masih dalam tahap perencanaan atau tahap awal dalam pembangunan Kebun Raya. Rencananya tahun 2020 akan dibuka untuk umum.

Selain tujuan pelestarian, Kebun Raya Sampit juga untuk destinasi wisata yang diharapkan berdampak pada perekonomian
Kebun Raya Sampit - kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id
Kebun Raya Sampit nantinya akan menjadi kebun raya yang terluas di Indonesia dan menjadi tempat penelitian dan proses pendidikan serta menjadi tempat penelitian hutan Kalimantan, riset, wisata alam dan tempat konservasi binatang khas Kalimantan Tengah.

Kebun Raya Sampit akan menjadi pusat konservasi tumbuhan Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (Agathis borneensis warb). Tim ahli menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit.

Sebuah perusahaan perkayuan juga membantu pembibitan berbagai jenis pohon kayu. Beberapa jenis pohon langka seperti ulin, meranti dan lainnya juga akan ditanam di kebun raya itu.

Pemerintah daerah akan membangun kawasan perkemahan di areal Kebun Raya Sampit. Setiap pengunjung nantinya juga akan dilibatkan untuk menanam pohon setiap kali mereka berkunjung ke Kebun Raya Sampit.

Refrensi : republika.id - borneonews.co.id - kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

0 Response to "Kawasan wisata Kebun Raya Sampit"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?