Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah

AAA – Di Jalan Temanggung Tilung XIII, Palangka Raya. Terdapat sebuah empa pasilias Taman Budaya, Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional. Tepanya di UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya.

Taman Budaya Kalimantan Tengah sebagai wadah atau sarana bagi masyarakat dan seniman dalam melestarikan, membina dan mengembangkan budaya, serta menjadi wadah bagi promosi wisata di Kalimantan Tengah dalam upaya mendukung pelestarian budaya Betang.

Sehingga untuk masa mendatang diharapkan Taman Budaya Kalimantan Tengah dapat menjadi sarana bagi apresiasi terhadap seni dan budaya yang ada dan dapat membantu melestarikan aset seni dan budaya Betang yang hampir punah.

Taman Budaya Kalimantan tengah yang ingin dicapai melalui suasana yang dapat menciptakan Kebersamaan dan Kekerabtan yang ada dalam Rumah Betang adalah Taman Budaya Kalimantan Tengah yang merupakan jantung dari struktur sosial kehidupan orang Dayak.

Budaya Betang merupakan cerminan mengenai kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari orang Dayak. Nilai utama yang menonjol dalam kehidupan di Rumah Betang adalah nilai kebersamaan (komunalisme) di antara para warga yang menghuninya, terlepas dari perbedaan - perbedaan yang mereka miliki.

Dalam hal ini Taman Budaya Kalimantan Tengah sebagai wadah atau sarana bagi masyarakat dan seniman di Kalimantan Tengah dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya, maka dari bentuk bangunan nantinya merupakan pencerminan terhadap corak dan ciri khas seni dan budaya tradisional yang mempunyai makna Kebersamaan dan Kekerabatan dalam Budaya Betang.

Sumber : Tulisan Ilmiah SARI EVIYANTI Mahasiswi PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA yang berjudul “LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN – TAMAN BUDAYA KALIMANTAN TENGAH”

0 Response to "Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?