Objek Wisata Rumah Betang Sei Pasah Kapuas

AAA – Rumah Betang yang terletak di desa Sei Pasah, salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Rumah Betang Manggatang Utus Sei Pasah memiliki sejarah yang cukup anjang, dimana Rumah Betang ini pertama kali berdiri sejak tahun 1806. Dan kini resmi di buka sebagai lokasi wisata bagi masyarakat pada awal tahun 2019.
Rumah Betang Sei Pasah
Rumah Betang ini merupakan pembangunan kembali rumah betang yang pernah ada di sekitar lokasi tersebut. Sebetulnya ini bisa dibilang merupakan rumah yang lama yang telah dibangun atau dipugar kembali. Sebab rumah yang sebelumnya sudah berada terlebih dahulu hanya menyisakan tiang.

Rumah betang yang lama sekarang hanya tinggal beberapa tiang ulin saja. Rumah betang lama merupakan milik dari keluarga Bapak Talinting E. Toepak, mantan Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Periode 2003-2008.

Letaknya ada di seberang Sungai Kapuas Murung dari arah Kuala Kapuas. Rumah betang ini berjarak sekitar 200 meter dari Sungai Kapuas Murung. Di belakang rumah betang tersebut ada sandung (kuburan). Sandung ada kuburan dari orang-orang penganut agama Kaharingan dimana tulang-tulang dari dalam kubur yang sudah dibersihkan ditaruh di dalam sandung tersebut. Sandung ini dilengkapi dengan patung penjaga. Disekitar sandung ini banyak diletakkan sesaji. Menurut keterangan dari Bapak Toepak, patung penjaga yang asli sudah dicuri oleh para kolektor benda-benda bersejarah. Sehingga patung penjaga yang ada saat ini adalah tiruan saja.

Harapannya kedepan agar sekeliling betang dapat dikelola sehingga saat ada acara even dapat dilaksanakan di kawasan betang, begitu juga dengan penjualan kerajinan setempat seperti getah nyatu serta menjadi pusat kebudayaan.

Ref : www.silontong.com - www.budaya-indonesia.org - www.kalamanthana.com - www.borneonews.co.id - www.kompasiana.com

0 Response to "Objek Wisata Rumah Betang Sei Pasah Kapuas"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?