Arti Kata Buntok Kota Batuah – Barito Selatan

AAA – Buntok adalah ibu kota dari kabupaten barito selatan, kalimantan tengah, dengan luas 8.830 km². Kabupaten ini juga memiliki semboyan yaitu “DAHANI DAHANAI TUNTUNG TULUS“ yang artinya “SELAMAT SENTOSA ADIL DAN MAKMUR SAMPAI SELAMA-LAMANYA”.

Pada tahun 1992 Bupati Barito Selatan dengan SK 118 menetapkan arti dari kata BUNTOK yaitu :
-    B : Bersih
-    U : Unik
-    N : Nyaman
-    T : Tertib
-    O : Optimis
-    K : Kompak

Pada tahun 2004 Bupati Barito Selatan dengan SK 217 menetapkan pembaharuan dari kata BUNTOK menjadi “BUNTOK KOTA BATUAH” yang berarti KEBERUNTUNGAN. Berikut arti dari kata BATUAH dari kata “BUNTOK KOTA BATUAH” :


-    B : Bersih, yang bermakna nya setiap tempat dari kota Buntok harus selalu rapi, bersih dilihat dari mental spiritual dan fisik lingkungan masyarakat.
-    A : Aman, yang bermakana makna bahwa setiap anggota masyarakat ibukota Buntok dalam suasana Tenang, Damai, dan Tentram, tidak ada gangguan baik dari dalam maupun dari luar lingkungan masyarakat.
-    T : Tertib, yang bermakna bahwa segala sesuatu dapat berjalan dengan lancar, taat dan patuh terdapat ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan menjunjung tinggi norma adat istiadat, norma susila dan norma lain yang berlaku baik dan tumbuh dari kehidupan masyarakat.
-    U : Unik, yang bermakana bahwa setiap tempat dalam wilayah Kabupaten Barito Selatan ditata dengan apik dan asri sesuai dengan kondisi setempat yaitu memanfaatkan anugrah Tuhan Yang Maha Esa dengan mengikuti kemajuan teknologi modern dan unsur dari luar yang positif. Perpaduan alam tradisional dengan naturalis dengan kemajuan teknologi menjadikan lingkungan yang unik serta mempunyai kekhususan yang menarik.
-    A : Asri, yang bermakana bahwa setiap anggota masyarakat merasa sejuk, teduh dan nyaman didalam tata kehidupan masyarakat dan harmonis dengan lingkungan disekitarnya.
-    H : Harmonis, yang bermakana bahwa diharapkan anggota masyarakat merasa damai, tentram, dan nyaman dalam suasana yang harmonis baik dengan sesama anggota masyarakat maupun dengan lingkungan sehingga dapat berpartisifasi dalam pembangunan.

Demikian arti dari Kota Batuah yang menyebut kota Buntok, Barito Selatan

#sangkay city
#trip

5 Responses to "Arti Kata Buntok Kota Batuah – Barito Selatan"

Bagaimana Pendapat Anda?