Rumah Adat Banjar di Pasar Panas - Kalsel

AAA – Andri arai atei daya takam tau panalu. Saya tidak tau apakah artikel – artikel yang saya buat berkualitas, yang penting adalah sebuah karya, karena ngeblog merupakan sebuah hobi untuk mengisi waktu kosong dan berkarya.

Di tulisan kali ini saya membuat judul tentang Rumah Banjar atau rumah adat kalsel di Perbatasan Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah, letak Rumah Banjar ini ada di Kabupaten Tabalong, desa Pasar Panas.


Kemaren, awal tahun 2010 saya pernah mengunjungi tempat ini, sayangnya rumah banjar tampak berbeda dengan rumah adat tetangganya di kabupaten barito timur atau sering di sebut Lewu Hante, Rumah Banjar terlihat tua dan hampir tidak terawat, apalagi rumah adat banjar ini juga di kelilingi oleh kuburan dan terlihat lebih seram. Padahal pemerintah kabupaten tabalong merupakan kabupaten yang kaya akan pendapatan daerahnya dan juga Provinsi Kalimantan Selatan.


Baca : Objek Wisata Lewu Hante


Tapi itu dulu, kebetulan pada tahun baru 2016 saya sempatkan untuk berkunjung ke komplek perbatasan ini. Sekarang rumah banjar sudah terlihat megah dan cantik dan juga pepohonan yang besar di belakang sebagai penyejuk kawasan ini. Sepertinya baru saja di renovasi dan di cat. Tidak kalah dengan tetangganya Lewu Hante. Tempat ini juga bisa di jadikan sebagai objek wisata rumah Adat Banjar

Gambar di atas adalah buktinya, trima kasih untuk Pemkab Tabalong dan Pemprov Kalsel.
Di sekitar Perbatasan Provinsi ini juga selain terdapat museum Lewu Hante, juga terdapat Bundaran atau Tugu Provinsi Kal – Teng. Serta dekat dari SD 1 dan SD 2. Sedangkan di depan Rumah Banjar terdapat jalan menuju Bentot dan Tanjung.


Baca : Tugu Bundaran Perbatasan Provinsi Kalteng


Harapan saya rumah banjar ini bisa menjadi objek wisata yang memiliki keunikan tersendiri yang dapat memancing pengunjung di sekitar daerah tersebut. Artikel ini juga sebagai pelengkap beberapa artikel saya di kawasan daerah perbatasan kedua provinsi ini. Trima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan baca beberapa artikel saya yang lain nya.. hanya di Sangkay City.

4 Responses to "Rumah Adat Banjar di Pasar Panas - Kalsel"

Bagaimana Pendapat Anda?