Tugu Perbatasan Provinsi Kalteng dan Kalsel di Bartim

AAA – Jika anda tinggal di bar – tim tentunya pasti tau sebuah tugu yang ada di perbatasan antara ke dua provinsi yang ada di pulau kalimantan ini, ya!! Ya tugu tersebut terletak di desa taniran, kec. Banua lima, kab. Bar - timur, prov. Kalimantan tengah atau di bagian timur dari kabupaten bar – tim yang berbatasan lansung dengan desa pasar panas, keb. Tabalong, prov. Kalimantan selatan.
Munumen tugu yang tingginya mencapai 15 meter tersebut membentuk sebuah bundaran kecil yang berada tepat di depan Museum Lewu Hante, tugu yang di atas nya ada sebuah patung dari burung enggang (manengang). Tugu ini juga menjadi kebanggaan dari suku dayak maanyan dan juga menjadi batas kebudayaan antara banjar dan maanyan.

Jika anda melihat tugu ini, itu membuktikan bahwa anda sudah berada di provinsi kal – teng. Kebetulan saya adalah orang bartim makanya saya membuat artikel ini sebagai kebanggaan tersendiri bagi saya, saya pernah beberapa kali datang ke tugu ini, sebetulnya karena tugu ini berada di komplek objek wisata museum lewu hante, tentunya sebelum masuk museum saya melihat tugu ini. Tiap kali saya datang ke sini ada sebuah daya tarik tersendiri sehingga saya tidak pernah merasa bosan melihat tugu perbatasan tersebut.

Di dekat tugu ini juga ada beberapa tempat yang bisa anda datangi, saya juga telah membuat artikel – artikel tentang tempat tersebut :


Baca : Objek Wisata Museum Lewu Hante di Pasar Panas - Bar-Tim
Baca : Museum Lewu hante Pasar Panas
Baca : Rumah Adat Banjar di Pasar Panas – Kalsel
Baca : Festival JAJAKA Barito Timur 2015

 
4 artikel di atas berada dan berinfirasi dari komplek museum lewu hante, yang tentunya di seputaran tugu perbatasan provinsi ini.

Unyuk tulisan ini semoga dapat bermampaat dan sebagai pengetahuan bagi anda sebagai pembaca di blog ini, mohon maaf jika tulisan yang saya buat tidak sepenuhnya sesuai dengan pakta di lapangan,, mohon kritik dan saran nya!! ! !
Trima Kasih . .

0 Response to "Tugu Perbatasan Provinsi Kalteng dan Kalsel di Bartim"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?