Alat Rumah Tangga Dayak Maanyan

AAA – Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Alat – Alat Berburu, alat – alat perikanan, dan alat – alat pertanian yang di gunakan oleh suku Dayak Maanyan. Kini ada satu hal lagi yang patut anda ketaui yaitu tentang Alat Rumah Tangga Dayak Maanyan. Hampir sama dengan artikel saya sebelumnya, beberapa dari peralatan tersebut masih bersifat tradisional dan membentuk sebuah budaya.
Untuk perlengkapan hidup era moderen ini tidaklah begitu susah, dimana hampir semuanya dapat didapatkan dengan instan, asalkan ada uang anda pasti bisa hidup. 

Akan tetapi saya sebagai seorang blogger ingin mengajak anda yang membaca tulisan saya untuk lebih mengenal beberapa peralatan-peralatan rumah tangga suku Dayak Maanyan dari dulu hingga sekarang. 

Berikut daftar nya :
  1. Bakul. Bakul yang terbuat dari ahas atau bamban pada umumnya di gunakan untuk  mengisai (mencuci) beras yang akan di masak, sedang yang terbuat dari bambu dan  purun, ukurannya yang lebih besar, biasa digunakan dalam wadah dalam rumah tangga, dan sebagainya.
  2. Cubit / cobek. Cubit ( cobek). Dibuat dari kayu atau tanah liat dan di lengkapi dengan  ulak-ulak (kulak) yang terbuat dari akar bambu. Kegunaannya: untuk menghakuskan bumbu-bumbu, sambal dan sebagainya.
  3. Parapatan. Parapatan terbuat dari tempurung kelapa, berguna sebagai alat penakar seperti pada gantang.
  4. Kandi / Kendi / buyung / kusi.
  5. Kenceng. Kegunaanya untuk menanak nasi.
  6. Gantang digunakan sebagai alat pengukur atau penakar hasil pertanian (padi, beras dan kacang-kacangan), dan juga sebagai alat-alat penakar/pengukur jual beli hasil-hasil pertanian.
  7. Cupak / garabuk. Cupak atau garabuk berfungsi sebagai ember untuk menimba air dari sumur. Alat ini masih digunakan di desa-desa, terutama pada musim kemarau.
  8. Nyiru. Nyiru digunakan terutama untuk membersihkan gabah kotor. Pekerjaan ini disebut menampi. Selain itu digunakan pula untuk keperluan-keperluan, misalnya untuk tempat menjemur ikan yang akan dikeringkan. Nyiru jarang atau ayakan. Di gunakan untuk memisahkan gabah dari beras, sedangkan Panai, kegunaanya sebagai tempat air, tempat mencuci dll.
Itulah beberapa alat rumah tangga yang saya himpun sebagai tambahan wawasan bagi anda. Wawasan Kalimantan.

Baca Juga : Alat Pertanian Dayak Maanyan

0 Response to "Alat Rumah Tangga Dayak Maanyan"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?