Arti Lambang Kabupaten Balangan

AAA – Kabupaten Balangan adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia yang ibukotanya adalah Paringin. Kabupaten Balangan merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan.
Bicara Tentang Logo Kabupaten, Kali ini Sangkay City akan membahas tentang Warna, Bentuk, dan Arti Lambang Kabupaten Balangan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berikut Arti Logo Kabupaten Balangan :

1.    WARNA
-    Warna Hijau berarti kesuburan/kemakmuran
-    Warna Kuning berarti kemuliaan/keagungan
-    Warna Hitam berarti keteguhan/keadilan
-    Warna Merah berarti keberanian/kesanggupan
-    Warna Putih berarti kesucian/kesejukan

2.    BENTUK
    Perisai berarti alat mempertahankan diri dari segala ancaman, rintangan.

3.    ARTI LAMBANG

Kapas (17), Rantai (8) dan Padi (45) melambangkan tanggal Proklamasi kemerdekaan RI. Kapas dan Padi melambangkan kekayaan sumber daya alam dan mata pencaharian rakyat, rantai melambangkan ikatan persatuan dan kesatuan.

-    Susunan batu bata dengan 4 pilar berwarna merah, melambangkan Benteng Tundakan pertahanan Pangeran Antasari di wilayah Balangan.
-    Piring berwarna hitam, melambangkan tempat bersejarah di wilayah Balangan yang terkenal dengan Batu Piring yang mengandung sumber daya alam untuk dimanfaatkan bagi     kesejahteraan masyarakat.
-    Tangkai Pena berbentuk bambu runcing berwarna kuning, melambangkan Batung Batulis yang merupakan bahan utama dari pembangunan Mahligai Puteri Junjung Buih dan     semangat perjuangan rakyat Balangan dalam merebut kemerdekaan.
-    Mata Pena menancap ke dalam piring berwarna hitam, melambangkan investasi sumber daya manusia yang menjadi prioritas pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan dan     kemandirian.
-    Persegi Empat Trapesium di kiri dan kanan tangkai pena, berbentuk huruf O dan D berarti Otonomi Daerah.
-    Kubah Mesjid berwarna hijau, melambangkan ketaatan umat dalam melaksanakan ajaran agama.
-    Bintang berwarna kuning melambangkan KeTuhanan Yang Maha Esa sesuai dengan Pancasila.
-    Rantai sebanyak 8 bingkai, yang berarti tanggal 8 (delapan).
-    Benteng yang terdiri dari 4 pilar yang berarti bulan 4 (bulan April).
-    Batung batulis tangkai pena sebanyak 3 ruas yang mengandung arti 003 atau tahun 2003. Secara keseluruhan mengandung arti “8 April 2003” yang merupakan tanggal peresmian     berdirinya Kabupaten Balangan.
-    Tulisan (sloka) SANGGAM di atas pita berwarna putih berarti Kesanggupan melaksanakan pembangunan yang didasari oleh keikhlasan Gasan Masyarakat.

Demikian Arti Lambang Kabupaten Balangan. Smoga bermamfaat.

0 Response to "Arti Lambang Kabupaten Balangan"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?