Kecapi Kalimantan, Musik Tradisional Suku Dayak

AAAKecapi adalah salah satu alat musik tradisional yang ada di Kalimantan yang biasa digunakan oleh masyarakat suku Dayak.  Kecapi adalah alat musik petik dengan memiliki senar dua atau lebih.
Kacapi adalah alat musik petik yang termasuk dalam kelompok instrumen musik Chordofhone, juga disebut dengan istilah Lute. Berbentuk kapal (Boat-shaped plucked Lute) yang tangkai atau pegangan (handle) atau papan penjarian (fingerboard), jembatan (bridge), dan kaki, adalah berasal dari satu sisi potongan papan kayu, pada bagian resonator ditutup dengan tutup dan diberi lubang, bentuknya sangat bagus dan seringkali memiliki ukiran yang rumit.

Kecapi juga dapat digunakan untuk mengiringi dan lagu khas Kalimantan seperti Badeder/Deder (nyanyian pantun), Karungut, Dodoi (nyanyian saat mendayung perahu/sampan/rakit). Kecapi juga digunakan untuk mengiringi tari – tarian suku Dayak dalam acara Perkawinan, atau sebuah pertunjukan dan lain lain. Sedangkan pada jaman dulu Kecapi lebih banyak digunakan untuk mengantar para pahlawan - pahlawan jaman dulu untuk maju berperang melawan musuh.
Untuk membuat Kecapi bukanlah hal mudah. Meski sekilas Kecapi tampak seperti alat musik sederhana. Kecapi Kalimantan sendiri terbuat dari sebuah kayu ringan seperti pohon Hanjalulung. Sedangkan pada dawai atau senar kecapi ini menggunakan bahan dari kawat atau dari benang nilon. Pada jaman dulu dawai atau senar kecapi di buat dari rotan atau kulit kayu yang membuat suaranya memiliki khas tersendiri.

Kacapi dapat dimainkan sebagai musik instrumental maupun sebagai musik pengiring. Kecapi bisa di mainkan dengan 2 senar ataupun 3 .Yang 2 senar untuk Rhythm dan yang 3 senar untuk Leadnya . Letak perbedaan kecapi Dayak Kalimantan dengan Sampe Dayak Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan yang ada di Serawak yaitu pada nadanya. Jika pada Sampe bernadakan MAYOR, Kecapi bernadakan MINOR.

Baca juga : Sape, Alat Musik Tardisional Suku Dayak

Belakangan, kecapi juga dikolaborasikan dengan alat musik lain seperti gendang, gong, suling, kangkanang, katambung dan juga rebab. Untuk bermain kecapi wajib ditemani dengan nyanyian. Inilah yang di sebut dengan Karungut

0 Response to "Kecapi Kalimantan, Musik Tradisional Suku Dayak"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?