Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” (STIPAS) Keuskupan Palangka Raya

AAA – selamat datang di sangkay city blog! Well kali ini kami akan membahas tentang salah satu sekolah tinggi yang ada di kota Palangka Raya yaitu STIPAS Keuskupan Palangka Raya.

Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum adalah lembaga pendidikan tinggi swasta Katolik di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Sekolah ini didirikan dengan Surat Keputusan Uskup Keuskupan Palangka Raya: SK/No.02/STP-I/2002 tentang Pendirian STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya tanggal 31 Maret 2002 dan bernaung di bawah Departemen Agama RI

Status Stipas Tahasak Danum Pambelum telah terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat (Ditjen Bimas) Katolik Kementerian Agama RI sejak tahun akademik 2006/2007.

VISI, MISI dan TUJUAN STIPAS Keuskupan Palangka Raya

VISI STIPAS Keuskupan Palangka Raya
Terwujudnya lembaga STIPAS yang menghasilkan tenaga pastoral sekolah dan pastoral  umat yang  beriman, profesional, mandiri,  berdedikasi tinggi, dan terlibat aktif dalam pelestarian budaya dan lingkungan hidup.

MISI STIPAS Keuskupan Palangka Raya
1.    Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang pastoral dan katekese untuk menghasilkan tenaga sarjana Agama Katolik di bidang pastoral sekolah dan pastoral umat yang berkualitas atau sesuai dengan teknologi pembelajaran modern.
2.    Melaksanakan riset yang berkualitas dalam bidang pastoral dan katekese untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengadian kepada masyarakat.
3.    Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada bidang pastoral dan katekese atau mendharmabhaktikan keahlian dalam bidang pastoral dan katekese kepada masyarakat.
4.    Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk membentuk tenaga pastoral yang mencintai budaya dan lingkungan hidup.

Mengupayakan pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara nasional.

Tujuan STIPAS Keuskupan Palangka Raya

Tujuan Pembukaan STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya adalah :
1.    Tujuan STIPAS dalam bidang pendidikan dan pengajaran adalah menghasilkan guru agama Katolik dan katekis yang:
-    Mampu mendukung pemenuhan kebutuhan pemerintah dan Gereja Lokal akan tenaga pastoral sekolah dan pastoral umat.
-    Mampu mengembangkan potensi dasarnya sebagai guru agama Katolik dan katekis profesional yang handal di bidang katekese dan pastoral untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan dengan sikap belajar seumur hidup.
-    Mempunyai keyakinan iman Katolik yang kokoh dan moralitas kristiani yang kuat.
-    Mampu berkompetisi secara profesional di era global.
-    Mempunyai ketrampilan dalam bekerja sama, kepemimpinan, dan berwirausaha.
-    Mengerti dan dapat menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk kegiatan belajar dan pengembangan diri.
-    Mempunyai kepedulian yang tinggi dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.
-    Menguasai bahasa asing, minimal Bahasa Inggris.
2.    Tujuan STIPAS dalam bidang penelitian adalah menghasilkan produk penelitian pastoral dan katekese yang sesuai dengan kebutuhan prioritas pengembangan umat di Keuskupan Palangka Raya.
3.    Tujuan STIPAS dalam bidang pengabdian kepada masyarakat adalah:
-    Meningkatkan keterpaduan peran dan fungsi pengabdian kepada masyarakat dalam gerak operasional pembangunan Gereja Katolik dan bangsa Indonesia secara melembaga, ilmiah dan profesional.
-    Memberdayakan masyarakat atau umat agar mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah keimanannya secara mandiri dan berkelanjutan

Alamat : Jln. Tjilik Riwut Km. 1 Komplek Gereja Katolik Palangka Raya Telp/Fax (0536) 3227658 / (0536)3236114. Situs web : www.stipas.web.id / www.stipas.ac.id

0 Response to "Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” (STIPAS) Keuskupan Palangka Raya"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?