Missionaris ERNST WILHELM FEIGE di TANAH DAYAK MAANYAN I pada tahun 1875 – 1901

AAA – Pada tanggal 25 Juni 2018 di Tamiang Layang di lakukan pembongkaran dan pemindahan makam seorang Missionaris ERNST WILHELM FEIGE atau yang biasa di panggil (Tuan Tije).
ERNST WILHELM FEIGE
Dalam Pemindahan makam ini juga kami dari Tim Perjalanan di Tanah Dayak ikut berpartisipasi dalam mendokumentasikan kegiatan pemindahan makam

Klik disini untuk menonton videonya !!! atau klik https://www.youtube.com/watch?v=p9w9n10uWqU

Pada tahun 1875 Ernst Wilhelm Feige  menginjakan kakinya pertama kali di tanah Borneo Kota Banjarmasin, mulai berkarya dan menjadi penginjil di Tamiang Layang hingga meninggal di Tamiang Layang Pada tanggal 9 Juli 1901. Menurut informasi beliau meninggal di desa pangelak(upau) tetapi dimakamkan di Tamiang Layang pada tanggal 9 Juli 1901 dan masih menurut informasi disebelah makam beliau dimakamkan juga jasad anaknya. lalu pada tahun 90an dilakukan pembaturan makam oleh masyarakat.

ERNST WILHELM FEIGE merupakan bukti sejarah penyebaran Kristen di Tanah Dayak Maanyan. Beliau merupakan salah satu penyebar injil yang datang ke kalimantan khususnya ke wilayah Dayak Maanyan, beliau biasa dipanggil TUAN TIJE oleh masyarakat setempat.

Selain menyampaikan pekabaran injil, Tuan Tije dkk juga memberikan banyak ilmu pengetahuan mulai bercocok tanam, pendidikan, kesehatan dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya kepada masyarakat Dayak Maanyan. Tuan Tije sebelum bergabung dalam misi RMG adalah seorang pandai besi.

Nama            : ERNST WILHELM FEIGE (Panggilan Tuan Tije)
Lahir             : Wilschkowitz (Silesia) Jerman sebelum Perang Dunia I : 25 Mei-1840.
Wafat            : Tamiang Layang : 9 Juli-1901
Nama Istri     : AUGUSE NEE HACKLAENDER, lahir 23 Desember 1842, meninggal 8 Mei 1918
 

bersama-sama mereka memiliki 6 orang anak.
Wilayah Penginjilan:
-    Telang
-    Tamiang Layang
-    Puruk Cahu
 

Pemindahan makam ini merupakan bentu rasa hormat dan penghargaan Seluruh Umat Kristen di Tamiang Layang atas jasa dan karya dari Misionaris Ernst Wilhelm Feige terhadap perkembangan umat Kristen di Kabupaten Barito Timur, mengingat makam terdahulu dikategorikan sudah tidak layak dikarenakan berada dibelakang pemukiman penduduk dan sudah dimakan usia
pembongkaran makam

pembongkaran makam

pembongkaran makam dilakukan sampai malam hari
Dengan dipindahkannya makam Misionaris Ernst Wilhelm Feige  ini dapat menjadi Situs Rohani yang ada di Barito Timur  menjadi bukti nyata penyebaran agama Kristen di Tamiang Layang dan tentunya harus dijaga dan di rawat sebaik mungkin
makam ERNST WILHELM FEIGE sekarang 
Makam baru misionaris Ernst Wilhelm Feige atau Tuan Tije Sekarang terletak di Jl. Fridolin ukur, komplek pastori GKE resort Tamiang Layang.

Ref : https://hadi-saputra-miter.blogspot.com/2017/09/ernst-wilhelm-feige-yang-terlupakan.html?m=1

0 Response to "Missionaris ERNST WILHELM FEIGE di TANAH DAYAK MAANYAN I pada tahun 1875 – 1901"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?