Tangguk, Alat menangkap ikan Tradisional Suku dayak

AAATangguk atau yang lebih admin kenal dengan nama (ansiding) ini merupakan salah satu alat untuk menangap ikan yang digunakan oleh suku Dayak di Kalimantan.
Dalam kehidupan masyarakat suku dayak memiliki kegiatan yang bernama menangguk yang biasa dilakukan oleh setiap anggota masyarakat suku dayak, tidak memperdulikan anak-anak, dewasa ataupun lansia karena kebiasaan itu memang telah tertanam dalam setiap masyarakat suku dayak.

Tangguk adalah alat yang digunakan untuk menangguk, cara melakukannya hanya perlu memegang kedua ujungnya lalau menariknya ke ara badan. Tangguk dibuat dari bahan Rotan Lantung dan rotan saga, bahan lantung masing masing ujungnya dibuat lancip agar dapat dilipat menjadi lingkaran memanjang setengah bola dan diikat dengan sasai saga(Rotan saga yang dibentuk kecil untuk mengikat).

Menangguk biasa dilakukan saat siang hari namun ada juga yang melakukannya dimalam hari. Menangguk yang dilakukan pada malam hari bukan lagi menangguk namun namanya berubah menjadi menyiau.

Tabe!

0 Response to "Tangguk, Alat menangkap ikan Tradisional Suku dayak"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?