16 Pertanyaan dan Jawaban, Mengenai Orangutan Borneo

AAAorangutan merupakan satu-satunya kera besar yang di temukan di pulau Kalimantan di Sumatera. Dari data yang di dapat di BOS Foundation, Yayasan Konservasi Orangutan dan Habitatnya di Borneo, ada 16 pertanyaan tentang Orangutan.
Berikut 16 Pertanyaan dan Jawaban tentang Orangutan  :

Apa yang orangutan makan?
Jawab : Makanan utama mereka adalah buah (60%) daun muda (25%) serangga bunga dan kulit kayu (10%), terutama semut, rayap dan jangkrik (5%) dan telur sesekali. Terkadang orangutan terlihat makan mamalia kecil

Apakah orangutan nokturnal?
Jawab : Tidak, mereka aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari.

Berapa lama orangutan bisa hidup?

Jawab : Di alam bebas, umur rata-rata mereka adalah 45-50 tahun. Mereka telah dikenal untuk hidup lebih lama sampai 65 tahun di penangkaran

Apa suara orangutan?Jawab : Mereka "mencicit" untuk berkomunikasi. Bayi menangis seperti bayi, dan anak muda berteriak dan mengamuk. Orangutan yang lebih tua menghasilkan suara yang panjang (lebih dari 1 menit) yang terdengar seperti "grumph". Bisa didengar 300 meter di hutan. Laki-laki dewasa mengembang kantong tenggorokan mereka dan membuat panggilan yang panjang. Ini adalah raungan nyaring yang keras yang membawa hingga satu kilometer di hutan

Seberapa besar orangutan?
Jawab : Berat bayi sekitar setengah kilo saat lahir. Betina dewasa tumbuh setinggi 1,3 meter dan bisa menimbang 45kg. Laki-laki terkadang bisa mencapai ketinggian 1,8 meter dan beratnya bisa mencapai 120kg.

Apa perbedaan antara orangutan jantan dan betina?

Jawab : Laki-laki dewasa jauh lebih besar dari betina. Serta ukurannya, wajah berubah drastis seiring bertambahnya usia. Dia menumbuhkan jenggot dan kumis. Laki-laki terkuat (dominan secara seksual) mengembangkan bantalan pipi lebar dan kantong tenggorokan di bawah dagunya.

Berapa banyak bayi lahir sekaligus?

Jawab : Biasanya hanya satu bayi yang lahir pada satu waktu, namun kembar kadang-kadang tercatat. Gestasi sekitar 8,5 bulan.

Kapan bayi meninggalkan ibunya?
Jawab : Bayi orangutan tinggal bersama ibu mereka sampai usia 6 atau 7 tahun. Mereka menerima ASI selama tiga tahun pertama hidup mereka tapi juga belajar makan makanan lain. Sang ibu mengajarkan semuanya tentang bertahan hidup di hutan. Mereka memiliki hubungan yang sangat dekat.

Apakah mereka tinggal di keluarga?Jawab : Tidak, sebagai orang dewasa mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka sendiri. Bayi dan anak-anak tetap bersama ibu mereka. Namun ibu dan wanita terkait lainnya bertemu dan bayi bermain bersama.

Berapa umur orangutan sebelum mereka mencapai kedewasaan?
Jawab : Pada betina liar biasanya bayi pertama mereka berusia sekitar 12 tahun. Orangutan jantan berumur sekitar 15 tahun. Cheekpads tidak muncul sampai berusia sekitar 20 tahun dan mungkin tidak muncul sama sekali.

Apakah orangutan punya rumah?
Jawab : Orangutan tidak membangun rumah. Sebagai gantinya mereka membangun sarang baru setiap malam untuk tidur

Dimana orangutan tidur?

Jawab : Mereka tidur di sarang mereka, biasanya yang baru dibuat di malam hari. Sarang-sarang itu ditenun di sebatang pohon dari dahan pohon yang rusak dan dedaunan, seringkali dibuat dengan sangat baik, seperti keranjang besar. Kadang sarang bisa lebih dari satu meter. Orangutan juga membangun sarang di siang hari untuk beristirahat dan bermain; Seorang ibu dengan anak kecil bisa membangun 2 atau 3 sarang per hari. Seorang ibu juga menggunakan sarang untuk melahirkan di.

Apakah mereka berbahaya atau agresif?
Jawab : Biasanya tidak, tapi terkadang di penangkaran mereka bisa menjadi agresif sebagai akibat dari bagaimana mereka diperlakukan. Mereka sampai 6 kali lebih kuat dari manusia dan memiliki 2 tangan kuat dan 2 umpan kuat, dan mereka bisa menggigit dengan keras. Biasanya mereka adalah hewan yang sangat damai. Jika pria dewasa bertemu dengan orang lain, mereka akan mencoba dan menghindari pertengkaran dengan memberi tampilan ancaman dan saling menatap. Jika ini tidak berhasil maka mereka bisa bertarung

Apakah orangutan memiliki predator?
Jawab : Ya, manusia mana yang paling berbahaya! Predator lain termasuk macan tutul, harimau sumatera, buaya dan ular

Apa itu pusat rehabilitasi?

Jawab : Pusat rehabilitasi didirikan untuk menampung orangutan hewan peliharaan yang disita atau disumbangkan. Tujuannya adalah untuk membimbing dan mengajarkan kera untuk kembali ke habitatnya. Banyak orangutan telah berhasil dikembalikan dan dilepaskan kembali ke alam bebas.

Mengapa mereka terancam punah?

Jawab : Pertama, kita menghancurkan hutan mereka. Kedua, mereka bereproduksi sangat lambat. Seorang wanita hanya akan melahirkan setiap 6-8 tahun di alam bebas. Ketiga, manusia memburu daging dan menangkap bayi muda untuk dijual di perdagangan hewan ilegal.

Sumber : web BOS Foundation

0 Response to "16 Pertanyaan dan Jawaban, Mengenai Orangutan Borneo"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?