Ranu Metak Karasik (Dusun Gunung Karasik, Ds. Apar Batu, Kec. Awang)

AAA – Objek wisata Ranu Metak Karasik adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Ranu Metak Karasik ini, berada tepat dibawah Puncak Ngakiak atau tepat berada di jalan poros utama antara Dusun Gunung Karasik menuju desa Ampari Bura.

Jadi untuk menuju lokasi ini tidak sulit untuk kita cari karena tepat berada di pinggiran jalan desa.

Masyarakat Dusun Gunung Karasik menggunakan air terjun ini untuk air minum, saat pagi hari maupun sore banyak masyarakat yang mandi dan mengambil air langsung dari bawah puncak perbukitan yang ada disini.

Air terjun ini keluar dari celah batu besar yang sangat menarik jika kita melihatnya lebih dekat, jika para wisatawan berkunjung kesini alangkah baiknya untuk mandi dan menghabiskan waktu di bawah air terjun ini untuk merasakan debit airnya yang begitu dingin dan khas.

Jika kita ingin naik ke atas, harus lebih berhatihati karena bebatuan yang kita injak berlumut dan begitu licin sehingga akan menyulitkan jika tidak terbiasa. Naik ke puncak menuju aliran sungai, maka akan kita temukan riam-riam pendek yang sangat khas.

Air mengalir melewati celah batu-batu besar sehingga membuat wilayah aliran sungai menuju air terjun ini memiliki keunikannya tersendiri dan menambah daya tarik tentang objek wisata yang disuguhkan, bahkan pepohonan di atas air terjun ini masih sangat besar dan tidak pernah di ambil oleh masyarakat sekitar karena mereka sadar bahwa kelestarian alam dan keberlangsungan air ini menjadi hal yang sangat penting dan berharga bagi mereka.

Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Ranu Metak Karasik
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Ranu Metak Karasik (Dusun Gunung Karasik, Ds. Apar Batu, Kec. Awang)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?