Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

AAA – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terdapat di Palagka Raya di bawah naungan Muhammadiyah. Di singkat UM Palangka Raya
Gagasan untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berawal dari hasil Muktamar Muhammadiyah ke 41 di Surakarta, yang ditindaklanjuti oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah dengan membentuk panitia pendirian UM Palangkaraya melalui surat keputusan No. A-2/18/SK-PWM/1986 tanggal 28 Agustus 1986.

Pendirian UM Palangkaraya diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pengembangan Pusat Muhammadiyah, pada tanggal 1 Muharram 1408 H, bertepatan dengan 24 September 1987 M.

UM Palangkaraya memiliki 4 fakultas, yaitu
1.    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
2.    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
3.    Fakultas Agama Islam.
4.    Fakultas Teknik
5.    Fakultas Ilmu Kesehatan
6.    Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Visi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Unggul dalam Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi yang Berlandaskan Iman Dan Taqwa

Misi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
1.    Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Al-Islami dan Kemuhammadiyahan sesuai dengan konsep Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.
2.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang islami, berkualitas dan akuntabel.
3.    Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada riset unggulan dan kompetitif untuk meningkatkan ketaqwaan dan kesejahteraan umat.
4.    Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan mengacu pada falsafah Huma Betang dan NKRI.
5.    Membangun sistem kelembagaan yang kuat dan mendukung catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Tujuan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Tujuan UM Palangkaraya :

1.    Mewujudkan kampus dengan sumber daya manusia yang berkomitmen untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, dalam upaya membangun akhlaqul karimah.
2.    Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki integritas, kompeten dan berdaya saing dalam pengembangan keilmuan dan profesi.
3.    Menghasilkan penelitian unggulan berbasis pada potensi lokal yang mampu berkompetisi di tingkat regional, nasional, dan internasional, serta berguna bagi pembangunan masyarakat.
4.    Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kepekaan dan berkontribusi dalam upaya pemecahan masalah yang berkembang di masyarakat sebagai perwujudan falsafah huma betang dan NKRI.
5.    Mewujudkan tata kelola kelembagaan yang solid, kredibel, dan berkemajuan.

Arti Lambang Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
1.    Lambang Muhammadiyah, berupa matahari bersinar utama dua belas, di tengah bertuliskan Muhammadiyah dalam tulisan Arab, dan dilingkari kalimat syahadat dalam tulsan tulisan Arab.
-    Di tengah-tengah matahari tertulis : Muhammadiyah, dengan huruf Arab, yang berarti : Pengikut ajaran Nabi Muhammad shallalla-hu ‘alaihi wa sallam
-    Pada lingkaran luar sebelah attas tertulis syahadat tauhid dengan huruf Arab : Asyhadu anla- ila-ha illa Allah, yang artinya : Saya bersaksi  bahwasanya tiada Tuhan selain Allah.
-    Pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis  syahadat Rasul dengan huruf Arab : Wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, yang artinya : Dan saya bersaksi bahwasannya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah.
-    Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, yang memberikan kehidupan kepada lainnya. Muhammadiyah menamsilkan dirinya sebagaimana matahari yang akan memancarkan sinar kehidupan rohani, yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat kepada siapapun yang ditemuinya (QS Al-Anfaal: 24).
-    Dua Belas sinar matahari melambangkan semangat kaum Hawary, yaitu dua belas sahabat Nabi Isa’alaihissalam yang senantiasa siap berjuang demi kemulian agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirina sebaga kaum Hawary yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar dimana dan kapanpun juga dengan semata-mata mencari keridhaan Allah SWT (QS As-Shaff: 14).
-    Lambang matahari dijadikan inti lambang Universitas sekaligus memberikan penegeasan bahwa Universitas merupakan salah satu amal Usaha Muhammadiyah, berdiri dibawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah, dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktivitasnya senantiasa wajib menyelaraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.
2.    Lukisan padi dan kapas terdiri dari 19 dan 12 tangkai gabungan, keduannya menunjukkan tahun berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia yang juga berarti lambang kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita  bangsa Indonesia.
3.    Lima kelopak bunga yang melingkar melambangkan Pancasila sekaligus melambangkan dinul Islam yang ditegakkan di atas lima prinsip : dua kalimat syahadat, shalat, puasa Ramadhan, menunaikan zakat, dan hajji ke Baitullah. Lima kelopak bunga ini melatarbelakangi gambar matahari yang dilingkari oleh padi dab kapas.
4.    Di luar pada dan kapas tertulis secara melingkar nama Universitas : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA.
5.    Seluruh lambang berada di atas warna dasar hijau melambangkan kesuburan, kesabaran, dan ketelitian, putih melambangkan kesucian, kuning emas melambangkan kemuliaan, dan hitam melambangkan ketegaran. Artinya bahwa dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat didalam Universitas harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, kesyukuran, ketelitian dan keikhlasan semata-mata mencari ridha Allah.

0 Response to "Universitas Muhammadiyah Palangka Raya"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?