Bunga Amukakang (Senduduk)

AAA – Bunga yang ada juga di pulau Kalimantan ini merupakan tumbuhan yang tergolong kumpulan rumpai. Terdapat dua jenis pokok Senduduk berdasarkan jenis bunganya yaitu ungu dan putih.
Bunga ini juga dikenal berbeda beda dalam penyebutan di setiap daerah seperti Senduduk (Melayu), Bekakang (Dayak Lawangan), Harendong (Sunda), Kluruk (Jawa), dan yeh mu tan (China)

Bunga yang nama latin nya Melastoma malabathricum dan tergolong famili Melastomatacea ini admin kenal dengan nama Amukakang, sesuai dearah admin. Tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian ± 2200 m dpl. Tanaman pisang menyukai daerah yang panas, subur atau sedikit berbatu, dekat pembuangan sampah.

Bunga yang admin sebut dengan nama Amukakang ini merupakan tumbuhan perdu, tegak, tinggi ½-4m, banyak bercabang, bersisik dan berambut. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan bersilang. Helai daun bundar telur memanjang sampai lonjong, ujung lancip, pangkal membulat, tepi rata, permukaan berambut pendekyang jarang dan kaku sehingga teraba kasar dengan 3 lubang daun melengkung, panjang 2-20 cm, lebar 0,75-8,5cm, warnanya hijau. 

0 Response to "Bunga Amukakang (Senduduk)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?