Wisata Ziarah ke Makam Pemimpin GMTPS "CRISTIAN ‘MANDOLIN’ SIMBAR"

AAA – CRISTIAN SIMBAR AKA “MANDOLIN” adalah seorang pemimpin GERAKAN MANDAU TALAWANG PANCA SILA (GMTPS) atau di kenal juga dengan nama tentara Lawung
Munkin banyak yang tidak tahu, Cristian Simbar adalah salah satu tokoh dalam lahirnya provinsi Kalimantan Tengah. Dalam beberapa tulisan yang ada di internet mengatakan bahwa Simbar adalah Pahlawan Dayak yang tersisish.

Cristian Simbar atau yang lebih di kenal oleh masyarakat dengan nama Mandolin lahir di desa Madara (bukan madara yang di naruto itu) pada tanggal 5 Juni 1927. Beliau putra dari Bapak Simbar dengan ibu Munan Pukau dan memiliki 7 (tujuh) orang saudara kandung yaitu Ngaman Simbar (P), Bobo Simbar (L), Batin Simbar (L), Sarimea Simbar (P), Oueng Simbar (L), Karlimin Simbar (P) dan Radine Simbar (P).

CRISTIAN SIMBAR juga merupakan mantan sekretaris kepala distrik (wedana atau camat) di Buntok. Kota kecil di tepi sungai Dayak tanah Dusun terletak sekitar lima puluh kilometer barat laut Tamiang Layang.

Terlepas dari semua sejarah tersebut, sekarang makam CRISTIAN ‘MANDOLIN’ SIMBAR menjadi tempat objek wisata ziarah yang terletak di desa Madara, tepatnya di jalan Trans Kalimantan Buntok – Palangka Raya. Dalam perjalanan terbaru yang admin lakukan menyempatkan diri untuk mengambil dokumentasi foto di tempat bukti sejarah lahirnya Prov. Kalimantan Tengah tersebut.

Sebagai tambahan, banyak yang menduga Simbar mati dieksekusi oleh militer di Balikpapan. Namun semua kabar tersebut dimentahkan setelah bertahun-tahun lamanya dan nampaknya dirahasiakan oleh pihak keluarga, dimana pria bernama Cristian Simbar  dikatakan pihak kedokteran memiliki ciri-ciri identik dengan Simbar selama ini, dan hal tersebut akhirnya dibenarkan oleh pihak keluarganya. Bahwa Simbar diketahui meninggal dunia terkena penyakit maag akut (dyspepsia) berada di Nusa Tenggara Timur. Dan sekarang dipulangkan ke kampung halamannya Madara. 

refrensi : 
http://hadi-saputra-miter.blogspot.com/2012/10/cristian-simbar-mandolin-pahlawan-kal.html
http://barselpromo.blogspot.co.id/2013/02/christian-simbar-panglima-tertinggi.html
http://dayakbarito.blogspot.co.id/2012/05/gerakan-mandau-talawang-pancasila.html

0 Response to "Wisata Ziarah ke Makam Pemimpin GMTPS "CRISTIAN ‘MANDOLIN’ SIMBAR""

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?